Indonesia memang negara yang terdiri dari beragam etnis dan kebudayaan. Keadaan ini dilestarikan oleh pihak pemerintah, swasta, hingga masyarakat yang beramai-ramai bergerak mendukung keberlangsungan kebudayaan Indonesia. Bukti sahihnya, dari tahun ke tahun marak sekali festival dan event bertema kebudayaan dan hiburan yang mengatasnamakan keberagaman masyarakat Indonesia. Ini dia, 5 event dan festival yang akan diselenggarakan selama kurun waktu 2016:

1. Festival Pesona Tambora 2016

pesona tambora
Festival Pesona Tambora 2016: Lombok Sumbawa Semakin Mendunia. Festival alam sekaligus ajang promo tempat wisata. Rangkaian utama festival ini adalah Tambora running berupa Ultra Run 320k dan 100k dan Tambora Ultra 50k dan 25k. Ada juga Tambora Bike Camp, Tambora Festival dan Tambora Literary, Festival Film di Pulau Satonda, serta pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda. Belum lagi nanti ada kegiatan seperti trail adventure, sepeda gunung, memancing, paramotor, dan sebagainya. Acara yang mempromosikan Lombok dan Sumbawa ini diselenggarakan pada 11-16 April 2016.

2. Jakarta Fashion and Food Festival

jakarta fhasion
Dari Ibukota, inilah festival akbar tahunan paling populer. Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) diadakan dari 22 April-22 Mei 2016. Kegiatan akbar tahunan ini telah memasuki usia ke-13 tahun. Diselenggarakan sebulan penuh di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, festival ini mengangkat tema mode dan kuliner. JFFF memiliki tiga rangkaian kegiatan utama diantaranya Fashion Festival (27 April-15 Mei), Food Festival (22 April-22 Mei), dan Gading Nite Carnival (23 April). Kegiatan terakhir merupakan primadona hiburan di JFFF yang menyuguhkan kemegahan parade mobil hias, atraksi seni kontemporer, pesta kostum, dan pertunjukan kembang api, yang melibatkan ratusan peserta. Pecinta mode dan makanan, jangan sampai ketinggalan acara ini!

3. Festival Batik, Bordir, dan Tenun Nusantara

Festival - Festival Batik Bordir Dan Tenun Nusantara ( 27 April-01 Mei 2016 )
Tak mau kalah, Bandung pun menyelenggarakan event hampir serupa yang lebih konvensional. Festival Batik, Bordir, dan Tenun Nusantara, ini mengajak para pengunjung untuk lebih mencintai produk Indonesia lokal dan tradisional. Acara yang berlatar belakang guna mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia ini untuk ketiga kalinya akan diselenggarakan di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, pada 27 April-1 Mei 2016. Serangkaian acara akan meramaikan festival ini seperti fashion show, talkshow, demo dan workshop, music show, hingga beberapa perlombaan menarik lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap ragam batik border dan tenun dari Indonesia.

4. Jazz Gunung

jazz gunung
Jazz Gunung, event musik jazz yang digawangi oleh Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa, dan Djaduk Ferianto kini menjadi agenda tahunan para penggemar musik jazz dan juga para pendaki gunung. Karena acara yang diadakan dikaki gunung Bromo, dengan hawa penggunungan yang sejuk dan asri tidak sedikit penonton yang turut memeriahkan acara yang sudah dihelat sejak 2009 ini.

5. Jomblo Mendaki Rinjani

Jomblo Mendaki Rinjani_Upacara di Segara Anak Rinjani
Acara yang dimulai pada 2015 ini merupakan salah satu acara pendakian yang cukup viral. Ada ribuan pendaki yang berminat untuk bergabung dalam acara yang berisi jomblo-jomblo se-Indonesia ini. Buat kamu yang mau mendaki ke Rinjani dan berniat nyari jodoh tidak ada salahnya datang ke event yang dilaksanakan pada 4-8 Mei 2016.