Ini 10 Seragam Airline Terbaik Tahun 2013

86

The Design Air telah membuat daftar 10 seragam terbaik pramugari/a di tahun 2013. Banyak seragam baru yang diluncurkan, mulai dari China Eastern hingga Virgin Atlantic. Semua airline berlomba-lomba melakukan penyegaran tampilan awak kabin mereka.

Daftar 10 seragam terbaik yang dibuat The Design Air dalam situsnya merupakan kombinasi seragam lama dan baru. Seragam yang dinilai bukan hanya seragam pramugari, namun pramugara juga menjadi pertimbangan. Berikut daftar hitung mundur 10 seragam terbaik menurut The Design Air:

Virgin Atlantic

10. Virgin Atlantic

Seragam baru yang didesain oleh Vivienne Westwood untuk Virgin Atlantic ini mungkin akan disuka dan dibenci, namun mudah dikenali. Seragam ini menjadi penyegaran awak Virgin Atlantic setelah beberapa tahun dengan seragam yang lama. Vivienne mencoba memadukan warisan budaya Inggris dipadukan dengan kesan siluet yang menjadi ciri khas desainer fashion Inggris.

AirFrance

9. Air France

Air France nampaknya cocok dengan desainer Christian Lacroix. Bergaya, canggih, dengan sedikit kesan menyenangkan, seragam milik maskapai Perancis ini seperti berasal dari era Jetset dan menyatu dengan dunia modern. Banyak model seragam Air France, semua dalam warna Navy Blue. Seragam ini disebut The Design Air menggambarkan stereotipe Parisian style namun dengan gaya Air France sendiri.

Aeroflot

8. Aeroflot

Nama Aeroflot mungkin tidak langsung terlintas di benak kita saat berbicara desain. Namun The Design Air tertarik dengan desain super-retro milik pramugari maskapai Rusia ini. Baju dengan kerah yang lebar, topi yang ikonik, sarung tangan putih, dan gaya retro-nya menjadikan seragam Aeroflot berbeda dengan yang lain. Namun The Design Airmengkritik jika seragam tersebut dipakai oleh seseorang yang tidak memiliki penampilan seorang model, mungkin akan terlihat kurang menarik.

VirginAmerica

7. Virgin America

Seragam baru Virgin America yang diluncurkan Juli tahun lalu memberi tampilan yang segar dan mencerminkan kesan smart casual bagi awak kabinnya dengan memaduan warna merah dan abu-abu. Seragam ini mungkin sulit dibedakan dengan dengan ground crew, namun saat di dalam kabin, seragam ini terlihat menarik dengan menonjolkan bagian pinggang pemakainya.

Foto: javierlarotta

6. Avianca

Avianca melakukan re-launch brand mereka awal tahun ini, salah satu yang diperbarui adalah seragam awak kabinnya. Pembaruan seragam ini menyeluruh dari ground crew hingga pilot. Seragam yang dibuat desainer Kolombia, Alvaro Reyes ini mencerminkan Avianca dengan corak warna merah. Jubah merah yang dimodernisasi memberikan personalisasi terhadap maskapai.

Qantas

5. Qantas

Seragam maskapai flag carrier Qantas mendapat penyegaran dari desainer Martin Grant. Seragam baru ini menunjukkan bahwa Qantas tak selalu harus mempertahankan warna abu-abunya, namun bisa juga menggunakan warna yang lebih berani. Yang membuat seragam ini menonjol adalah detil garis warna merah dan scarf dengan warna yang sama.

Fiji

4. Fiji Airways

Fiji Airways telah mengakta citranya di mata dunia. Seragam awak kabinnya mungkin sedikit berbeda dengan daftar yang ada di sini karena mempertahankan akar budaya mereka. Didesain oleh Alexandra Poenaru-Philp, pola yang terdapat di kainnya adalah ciptaan seniman Makereta Matemosi. Seragam ini terlihat ramah, santai, modern namun otentik, serta disebut memberi dimensi baru dalam kabin.

ChinaEastern

3. China Eastern

Seragam baru milik China Eastern yang didesain oleh Christian Lacroix ini terlihat sederhana namun elegan. Mungkin seragam ini sedikti mirip dengan seragam Air France, karena sama-sama memiliki baju ketat dan aksesoris merah, simbol warna Perancis. China Eastern tak salah menggunakan image sederhana namun kuat ini, karena maskapai sedang membangun citranya di pasar internasional. Dengan mempercayakan desain kepada Christian Lacroix, menunjukkan tekad go international China Eastern.

Singapore

2. Singapore Airlines

Singapore Airlines belum mengubah seragam “Singapore Girl” nya karya Pierre Balmain selama 40 tahun. Seragam ini dibuat di tahun 1972 saat Singapore Airlines ingin membaharui kain tradisional Malaysia sebagai seragam awak kabinnya. Seragam ini layak berada di posisi dua karena mampu bertahan lama namun tetap terlihat kontemporer, mewah, dan menyimbolkan warisan dan simbol maskapai selama bertahun-tahun.

Korean

1. Korean Airlines

Didesain oleh Gianfranco Ferre pada tahun 2005, seragam Korean Airline berada di urutan nomor satu menurut The Design Air. Bukan karena desain yang sederhana dan elegan saja, namun juga karena standar Korean Air yang diterapkan maskapai ini sesuai dengan postur awak kabinnya, bahkan setelah dipakai dalam penerbangan long haul. Warna biru telur berpadu indah dengan warna krem dan putih dengan sentuhan scarf yang seolah melawan gravitasi, dilengapi dengan sarung tangan kulit yang menambah kesan elegan maskapai ini. Baju dengan corak kilauan air terlihat kontras dengan komponen seragam lainnya.