Harus Tahu! A Sampai Z Soal Koper di Pesawat

162

Koper adalah benda penting saat berpergian dengan pesawat terbang. Banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari kualitas koper, keamanan sampai menghemat biaya bagasi.

Di dalam koper ada barang-barang berharga atau barang kesayangan Anda. Untuk itu, koper harus Anda jaga dan simpan dengan tepat selama penerbangan. Ada baiknya juga Anda menyiasati bagasi agar tidak kelebihan yang berujung biaya tambahan yang mahal untuk barang bawaan Anda.

berikut 7 hal penting tentang koper dan bagasi Anda:

1. Pilih koper yang bagus dan kuncilah dengan benar
Ini hal pertama yang harus Anda lakukan, cari koper yang bagus dan kunci koper Anda dengan tepat. Tak ada salahnya, Anda mengeluarkan biaya lebih untuk membeli koper yang kokoh dan gembok terbaik.

Sebelum tiba di bandara, pastikan koper Anda sudah terkunci dan periksa kembali. Hal ini untuk mencegah barang dalam koper Anda aman dari tangan-tangan usil.

2. Pisahkan barang berharga dari dalam koper
Hal yang tak kalah penting adalah memisahkan barang berharga di dalam koper. Laptop, uang, kamera, gadget dan ponsel sebaiknya Anda simpan di ransel yang Anda bawa ke kabin.

Jangan menaruh barang berharga Anda tersebut ke dalam koper yang dimasukan ke dalam bagasi. Hal ini untuk meminimalisir risiko kehilangan kalau koper Anda dibobol. Jangan lengah!

3. Tulis identitas diri di koper Anda
Mungkin, banyak traveler menggangap menulis identits diri di koper adalah hal yang sepele. Padahal, identitas diri di koper Anda akan menjadi penyelamat. 

Dengan menulis nama, nomor telepon, dan alamat, akan memudahkan petugas maskapai untuk mengembalikan barang Anda jika tertinggal. Koper Anda pun tidak mudah tertukar dengan koper penumpang lainnya. Masih menganggap hal ini sepele?

4. Sebaiknya di-wrap
Di dalam bandara tersedia fasilitas untuk wrapping koper atau membungkus koper dengan plastik yang kencang. Layanan ini dapat menghindari perusakan koper Anda dari pembukaan paksa. Biasanya, 

Anda dikenakan biaya Rp 25 ribu untuk membayar wrapping. Wrapping akan meminimalisir tindak pembobolan pada koper Anda. Jangan sampai kasus pembobolan yang menimpa artis Agnes Monica, terjadi pada Anda.

5. Pilih maskapai yang memberikan biaya bagasi lebih murah
Nah, kalau ini tentang mengikis biaya mahal untuk bagasi Anda. Beberapa maskapai membebankan biaya bagasi untuk penumpangnya dari berat koper yang dibawa, kalau sampai overweight. 

Untuk menyiasatinya, pilih maskapai yang memberikan harga bagasi lebih murah. Jangan lupa menghitung beban tas Anda, untuk tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan.

6. Baca peraturan bagasi maskapai dengan teliti
Setelah memilih maskapai dengan biaya bagasi yang lebih murah, kini perhatikan dengan jelas peraturan tentang bagasi. Anda harus memperhatikan berapa berat maksimal untuk seorang penumpang membawa bagasi. Jika bagasi Anda terlalu banyak, cari tahu berapa biaya yang dibebankan.

7. Ada masalah koper, langsung lapor ke maskapai
Jika terjadi pembobolan, koper hilang, atau tidak terangkut pesawat, jangan menunda untuk melaporkan ke pihak maskapai. Jangan mengeluh apalagi marah-marah.

Segera cari kantor maskapai yang Anda tumpangi di bandara, ketika Anda mengetahui koper Anda telah hilang atau rusak. Setelah melaporkan, update terus perkembangannya. Terus tanyakan dan pastikan apa yang sebenarnya terjadi pada koper Anda.

Baca juga:  Awal Mula Belanja Online di Indonesia Hingga Era Promo Gratis Ongkir

 SUMBER : DETIK TRAVEL

Previous articleStop! Jangan Khawatirkan 9 Hal Ini Saat Traveling
Next articleTips Berwisata ke Korea Saat Musim Dingin