Hari Ini, Terminal Baru Bandara Husein Dioperasikan

177

Terminal baru Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, secara resmi akan mulai beroperasi mulai hari ini, Rabu (6/4). Terminal tersebut akan menggantikan terminal lama yang telah mengalami kelebihan kapasitas dan tidak mencukupi untuk menampung jumlah penumpang di bandara tersebut.

“Terminal barunya akan dioperasikan penuh mulai Rabu pagi. Nantinya semua penerbangan dipindahkan dari terminal lama pada hari itu juga,” ujar General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung, Dorma Manalu.

Dorma mengatakan terminal baru tersebut memiliki kapasitas dua kali lipat dari terminal lama yang juga akan segera direnovasi dalam waktu dekat. Nantinya, pasca renovasi terminal lama akan disiapkan untuk terminal internasional keberangkatan dan kendatangan.

“Terminal baru tersebut merupakan hasil pembangunan yang berlangsung sejak 29 September 2014. Pada hari Rabu nanti seluruh aktivitas di terminal lama dinonaktifkan pada pukul 00.00 WIB,” jelas Dorma.

Lebih lanjut Dorma menjelaskan kapasitas tampung terminal akan meningkat signifikan menjadi 3,4 juta penumpang per tahun atau lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yang hanya 750.000 penumpang per tahun.

Saat ini menurut Dorma pihaknya sudah mengeluarkan surat ke pihak maskapai penerbangan bahwa pemindahan operasional terminal lama ke terminal baru akan dilakukan Rabu inii. “Hari ini kita masih dalam proses pemindahan berbagai peralatan seperti x-ray dan juga beberapa peralatan milik bea cukai dan keimigrasian,” ucap Dorma.

Baca juga:  Abdurrahman Saleh jadi Bandara Internasional
Previous articlePasca Insiden Tabrakan Batik Air-TransNusa, Aktifitas Bandara Halim Berjalan Normal
Next articleJalin Kerjasama, Maskapai Penerbangan Indonesia Diharapkan Dapat Terbang ke Swiss