PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., pada hari ini Kamis (15/1) meluncurkan program “Garuda Indonesia New Digital Experience” dengan memperkenalkan sejumlah layanan digital terbaru perusahaan yang terdiri dari : Garuda SocialMiles, Garuda Indonesia Youtube Brand Channel, social media channel, serta tampilan baru website www.garuda-indonesia.com.
Peluncuran “Garuda Indonesia New Digital Experience” ini merupakan upaya Garuda Indonesia untuk meningkatkan potensi pasarnya melalui pasar e-commerce dan digital, khususnya generasi muda, melalui berbagai pengembangan platform digital yang kini dimiliki perusahaan, serta sebagai bentuk upaya peningkatan layanan kepada pengguna jasa.
Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Handayani menyampaikan bahwa, dengan perkembangan dunia digital yang kian berkembang pesat, menuntut perusahaan untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan kepada pengguna jasa, khususnya kemudahan bertransaksi dan berinteraksi dalam layanan digital.”
“Untuk itu, melalui program “Garuda Indonesia New Digital Experience” ini, kami harapkan dapat menjadi salah satu potensi dan sarana terbaik berbasis teknologi digital, untuk mendekatkan layanan perusahaan sekaligus menjadi added value bagi pengguna jasa”.
“Garuda Indonesia New Digital Experience”, memperkenalkan sejumlah layanan digital terbaru Garuda Indonesia, seperti travel community platform “Garuda SocialMiles” yang merupakan platform khusus bagi para traveler maupun pengguna jasa Garuda Indonesia untuk berbagi informasi dan inspirasi baik berupa foto, tulisan, maupun video mengenai destinasi wisata menarik.
Platform “Garuda SocialMiles memiliki sejumlah fitur-fitur informatif seperti “Travelopedia”, yang merupakan “wikipedia” ribuan destinasi yang tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke , dimana pengguna bisa membaca info destinasi, memberi rating, review, share atau membagi destinasi pilihannya sendiri. Selain itu, terdapat fitur “Discovery”, sebuah konten tematik dari berbagai keunikan dan atraksi di Indonesia, dimana pengguna bisa membaca info konten tematik tersebut, memberi rating, review, share atau membagi destinasi pilihannya sendiri.
Platform “Garuda SocialMiles” juga dilengkapi dengan fitur “Travel Asisstant” yang terdiri dari Travel Planner dan Travel Diary, dimana pengguna bisa merancang itinerary perjalanannya yang diinspirasikan oleh konten-konten di “Travelopedia” dan “Discover”. Fitur lainnya adalah “Travel Lounge” yang memiliki konten tips dan tutorial video seputar traveling seperti tutorial fotografi perjalanan, packing, hingga referensi hotel.
Para pengguna “Garuda SocialMiles” akan mendapatkan poin khusus pada tiap informasi yang disampaikan melalui platform “Garuda SocialMiles. Poin tersebut nantinya akan dikonversikan dengan miles Garuda dan dapat ditukar dengan berbagai penawaran menarik dari Garuda Indonesia. Adapun mekanisme pengguna jasa yang ingin bergabung dalam “Garuda SocialMileS” dapat melakukan registrasi pada laman www.garudasocialmiles.com
Selain meluncurkan “Garuda SocialMiles”, Garuda Indonesia juga memperkenalkan Garuda Indonesia Youtube Brand Channel , sebagai kanal informasi melalui youtube, yang menampilkan berbagai video mengenai konsep layanan Garuda Indonesia Experience, marketing campaign, hingga profil cabin crew.
Melengkapi fitur Garuda Indonesia Youtube Brand Channel, Garuda Indonesia juga me-relaunch social media channel, seperti Instagram (@garuda.indonesia), Facebook (official Garuda Indonesia), dan Twitter (@IndonesiaGaruda). Selain akun twitter (@IndonesiaGaruda), Garuda Indonesia juga memperkenalkan akun twitter @Garuda_Promo dan @Garuda_Cares untuk menunjang layanan informasi perusahaan.
Berbagai pengembangan social media channel tersebut diharapkan dapat semakin mengakomodir kebutuhan informasi pengguna jasa secara real time melalui berbagai kanal informasi social media.
Sementara itu, seiring dengan tingginya aktivitas booking & reservasi melalui website, Garuda Indonesia juga memperkenalkan tampilan baru website www.garuda-indonesia.com. Tampilan baru website ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berbeda dengan berbagai kemudahan bagi pengguna jasa mulai dari proses pemilihan destinasi, pembelian tiket sampai perjalanan mereka di tempat tujuan.
Bersama dengan tampilan baru website, Garuda Indonesia juga memperkenalkan fitur baru “BidUpgrade” pada tampilan baru tersebut. Fitur baru tersebut memberikan kesempatan kepada pengguna jasa untuk mendapatkan layanan upgrade kursi dari Economy Class ke Business Class dengan mekanisme bidding.
Garuda Indonesia saat ini telah memiliki berbagai layanan transaksional digital berbasis e-commerce bagi pengguna jasa, yang terdiri dari Garuda Online Sales (GOS), Online sales Partnership (OSP) bersama online travel agency, Corporate Online System (COS) berbasis business to business (B2B), hingga mobil apps untuk layanan reservasi dan booking.
Sejalan dengan kinerja dan pencapaian perusahaan, Garuda Indonesia, pada bulan Desember 2014 lalu, Garuda Indonesia berhasil meraih predikat sebagai “Maskapai Bintang 5” dari SkyTrax. Sebelumnya Garuda Indonesia juga berhasil meraih pengakuan atas keberhasilan program transformasi Garuda Indonesia diantaranya adalah pencapaian sebagai “World’s 7th Best Airline 2014”, “The World’s Best Cabin Crew 2014”, “World’s Best Economy Class 2013” “The World’s Best Economy Class” In 2013, “The World’s Best Regional Airline” in 2012 and “The World’s Most Improved Airlines” in 2010 dari SkyTrax. Selain itu, Garuda Indonesia juga berhasil meraih penghargaan “Best in Region: Asia and Australasia” dari Airline Passenger Experience Association (APEX).