Festival Adventure Indonesia 2015 di Alor – NTT

177

Daerah-daerah di Indonesia bagian timur dianugerahi kekayaan alam dan budaya yang tiada tara. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua kekayaan alam tersebut belum digali, diolah, dan dimanfaatkan secara maksimal untuk keperluan orang banyak.

Melihat kondisi tersebut perlu adanya inisiatif untuk mengembangkan serta mempromosikan kekayaan tersebut sehingga sebagai masyarakat Indonesia tergerak untuk bersama-sama mengeksplorasi dengan penuh tanggung jawab agar dapat menghasilkan faedah tidak saja bagi masyarakat setempat tetapi juga masyarakat di luar daerah tersebut.

Salah satu bentuk upaya yang PT. Way 2 East Indonesia wujudkan adalah membuat sebuah festival yang sangat cocok diselenggarakan di tanah kaya Kabupaten Alor, yaitu Festival Adventure Indonesia (FAI).

Festival Adventure Indonesia adalah event khusus bagi para petualang yang cinta dengan alam dan budaya Indonesia serta kehidupan masyarakatnya yang masih asli (tradisional) dan tetap terjaga sampai sekarang ini. Kegiatan para petualang seperti menyelam (diving), bersepeda (cycling), pendakian (trekking/hiking), fotografi, kuliner (culinary), menginap di kampung-kampung adat dan berbaur dengan masyarakat lokal.

TUJUAN FESTIVAL:

  • Mempromosikan potensi-potensi wisata di Kabupaten Alor dengan baik dan tepat.
  • Meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.
  • Menjadikan Kabupaten Alor sebagai destinasi unggulan di Nusa Tenggara Timur selain pulau Komodo dan Kelimutu.
  • Mengangkat citra Kabupaten Alor sebagai tujuan wisata minat khusus.
  • Mampu meningkatkan daya saing kepariwisataan lokal dan internasional serta menjadi daerah yang mandiri dan kreatif.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya sektor wisata bagi kelangsungan hidup ke depan.
  • Menciptakan sumber daya manusia yang berwawasan dan kompetitif.

Merangsang interaksi sosial masyarakat sekitar tempat wisata dengan wisatawan dan merangsang tanggapan masyarakat setempat sesuai dengan kemampuan mereka dalam beradaptasi baik dalam bidang perekonomian, kemasyarakatan maupun kebudayaan mereka.

Baca juga:  Ini, Museum Tertua Di Indonesia

WAKTU DAN LOKASI:

15 – 20 September 2015

Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Meliputi 14 destinasi andalan yaitu:

  1. Kota Kalabahi
  2. Pantai Maimol
  3. Pulau Sika
  4. Pantai Deere
  5. Pantai Batu Putih
  6. Pulau Kepa
  7. Pulau Ternate
  8. Gunung Sirung
  9. Pulau Pantar
  10. Pulau Pura
  11. Pulau Buaya
  12. Desa Monbang/Kabola
  13. Desa Takpala
  14. Desa Luba

KEGIATAN:

Lima aktivitas yang mengolah adrenalin, bisa dipilih peserta, yaitu:

  1. DIVING
    Menyelami kerajaan bawah laut Alor dengan beragam keindahan terumbu karang dan ikan-ikan endemik. Peserta akan dibawa ke titik-titik penyelaman favorit, di sekitar pulau Alor, Kepa, Ternate, dan Pantar serta merasakan sensasi perpaduan laut dingin Australia dan laut hangat Indonesia yang menambah kesan pengalaman menyelam yang tidak terlupakan.
  2. TREKKING
    Gunung Sirung yang menjulang setinggi 840 meter di atas permukaan laut menantang peserta untuk menapaki puncaknya. Menerobos semak, menelusuri jalan setapak berpagar ilalang, dan jalan berbatu adalah yang harus dilalui peserta. Momen matahari terbit terindah didapati peserta dari kawah gunung ini.
  3. CYCLING
    Mengayuh sepeda bersama dengan rute kota Kalabahi – pantai Mali – Batu Putih – Kokar – Alor Timur – kota Kalabahi – Takpala sepanjang hampir 100 kilo meter. Melewati jalan berkelok dengan view bukit serta pantai yang indah.
  4. PHOTOGRAPHY HUNTING
    Memberi kesempatan bagi para pencinta fotografi untuk menambah koleksi bank fotonya dengan merekam tiap kejadian yang berlangsung di Alor selama festival. Tentu saja, momen matahari terbit dan terbenam, pesta budaya, kehidupan bermasyarakat, dan pemandangan indahnya adalah daftar wajib yang mesti diburu.
  5. CULTURE TOUR
    Desa-desa adat, yaitu Takpala, Monbang, dan Bampalola akan menambah pengetahuan peserta akan khazanah budaya Alor. Selain menyaksikan langsung kehidupan mereka, sangat memungkinkan bagi peserta untuk berinteraksi dengan akrab dan saling berbagi kebahagiaan.
Baca juga:  It's the final day of #MXGP2022 in #Samota! Make sure to explore the wonders of ...
Previous articleBIGBANG 2015 World Tour [MADE] in Jakarta
Next articleEAT. SLEEP. DWP. REPEAT.
Tim Airport.id
Kami hadirkan beragam informasi dunia penerbangan dan pariwisata