Diplomat AS tak Lagi Diistimewakan di Bandara India

63

NEW DELHI, (PRLM).- Selain menghilangkan barikade lalu lintas di depan Kedubes AS di New Delhi, balasan lainnya yang dilakukan aparat India adalah dengan tak lagi memperlakukan istimewa para diplomat AS yang berada di bandara.

Selama ini, diplomat AS yang menggunakan bandara di seluruh India dibebaskan dari pemeriksaan imigrasi. Namun, terhitung mulai Rabu (18/12/2013) ini, para diplomat AS tersebut harus melalui pos pemeriksaan otoritas bandara, sama seperti penumpang lainnya.

Seperti diketahui, hubungan bilateral India dan Amerika Serikat (AS) menegang. Seperti dilaporkan Kantor Berita Reuters dan laman Time, Rabu (18/12/2013), pemicunya adalah tindakan polisi AS yang dinilai telah memperlakukan seorang diplomat wanita India di New York dengan “keji dan biadab”.

Dalam hal ini, Devyani Khobragade, wakil konsul jenderal India di New York ditangkap aparat AS pada 12 Desember 2013 lalu setelah perempuan tersebut terbukti melakukan pemalsuan visa dan data untuk pembantu rumah tangganya yang didatangkan dari India untuk bekerja di rumah sang diplomat. (A-133/A_88)

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/262948

Baca juga:  Tidur Saat Terbang ke Raja Ampat? Rugi
Previous articleJelang Natal-Tahun Baru, Permintaan Tiket Pesawat di Palembang Naik
Next articlePekan Depan, Kulonprogo Mulai Sosialisasikan Pembangunan Bandara