Derasnya Air Terjun Sulewana di Poso, Sulteng

87

Poso bertaburan wisata alam yang sangat menarik. Sebagian besar kecantikan alam ini masih asri dan alami. Poso yang terkenal karena Danau Posonya yang menawan, ternyata memiliki kecantikan lain yang tak kalah menarik. Selain cantik, Air Terjun Sulewana juga sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Air Terjun Sulewana berada di Kabupaten Poso, sekitar lebih dari 10 kilometer dari Danau Poso. Air terjun ini tak kalah cantik dengan air terjun lain yang ada di Sulawesi Tengah. Debit air yang besar dan deras membuat suara khas gemuruh air terjun yang sudah bisa terdengar dari kejauhan.

Keunggulan air terjun ini adalah air terjunnya alami dengan debit air yang sangat besar sehingga mengakibatkan jatuhnya air dari tebing sangat deras. Sehingga sangat tidak disarankan bagi anda untuk berada tepat dibawah jatuhnya air terjun ini. Meski begitu, anda masih tetap bisa bermain air di kolam yang tidak begitu dalam yang terbentuk alami akibat hempasan air yang turun dari atas tebing.

Selain indah, Air Terjun Sulewana memiliki debit air yang cukup besar dan deras. Sebab itu, air terjun ini bisa digunakan sebagai sumber pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik di Pulau Sulawesi.

Tak puas hanya menikmati air terjun dari bawah tebingnya saja, travelers bisa memacu adrenalin dengan menyewa peralatan rafting untuk menyusuri aliran sungai di atas tebingnya. Karakteristik air terjun Sulewana dengan bebatuan besar pastinya sangat cocok untuk olahraga air yang satu ini.

Dari Tentena, travelers harus menempuh jarak sejauh 12 km terlebih dahulu sebelum bisa sampai di objek wisata ini dengan menggunakan kendaraan bermotor. Lalu perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 km. Tenang saja, perjalanan melelahkan anda akan dibayar oleh keindahan Air Terjun Sulewana.