Cuaca buruk batalkan 5 penerbangan Bandara Abdur Rachman Saleh. Ini tidak lepas dari cuaca buruk yang melanda Malang sejak siang hingga petang ini. Akibatnya, empat dari lima penerbangan yang sedianya dilaksanakan di Bandara Abdul Rachman Saleh harus dialihkan ke Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. Sementara itu, satu sisanya terpaksa dibatalkan karena masalah teknis.

Sebanyak 466 penumpang dari maskapai Sriwijaya Air, Wings Air, Citilink, dan Batik Air gagal berangkat akibat cuaca buruk di Bandara Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur, pada Rabu 15 November 2017.

Pesawat yang seharusnya mengangkut penumpang itu gagal mendarat mengakibatkan ratusan penumpang telantar di bandara sejak pukul 12.00 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin mengguyur Kota Malang dan sekitarnya mengakibatkan beberapa titik mengalami genangan karena meningkatkan debit air.

Kepala UPTD Bandara Abdulrachman Saleh, Suharno mengatakan pengalihan penumpang ke Bandara Juanda disebabkan oleh faktor cuaca.

“Ya mas, pengalihan karena faktor cuaca. Ada lima penerbangan yang dialihkan,” kata Suharno.

Suharno juga menegaskan bahwa pengalihan pelayanan bandara murni karena faktor cuaca akibat hujan deras dari siang hingga malam. Pihaknya juga menegaskan, pemindahan bukan karena sebab yang lain, termasuk tentang kabar aspal bandara yang terkelupas.

Rincinya, empat penerbangan yang dialihkan masing-masing dari maskapai Sriwijaya Air (dua jadwal penerbangan), Citilink yang dan Batik Air. Sedangkan satu penerbangan yang batal dari maskapai Wings Air.