Memiliki asuransi merupakan salah satu investasi penting di masa mendatang. Asuransi sendiri memiliki beragam bentuknya dari mulai asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan hingga asuransi rumah. Untuk melakukan pembayaran premi asuransi sendiri terkadang orang harus bersusah payah untuk berkunjung ke agen asuransi langsung untuk membayar.

Bagi Anda yang mengalami kebingungan mengenai cara membayar premi asuransi, sangat penting untuk mempelajari berbagai cara untuk membayar premi yang disediakan. Sampai saat ini, ada berbagai cara membayar premi asuransi yang disesuaikan dengan perusahaan penyelenggara program asuransi.

Cara Membayar Premi Asuransi

1Cara pembayaran sesuai dengan cara pembelian

Umumnya, berbagai perusahaan asuransi menyediakan tiga jenis cara pembelian polis. Tiga jenis itu terdiri dari pembelian melalui bank, pembelian melalui agen dan pembelian online. Perbedaan jenis dari cara pembelian ini akan menentukan cara Anda bisa membayar premi tersebut.

Meski berbeda, namun ada pula yang menawarkan cara membayar yang hampir sama. Misalnya jika Anda membeli melalui agen, ada agen yang akan datang ke rumah untuk menagih premi bulanan. Selain membayar lewat agen, bisa pula Anda membayar lewat ATM.

2Membayar lewat kartu kredit

Anda bisa melakukan pembayaran premi lewat kartu kredit mastercard atau visa. Cara membayarnya yaitu dengan mengklik menu “credit card payment”. Selanjutnya Anda harus melengkapi formulir data pribadi yang ada di layar. Selanjutnya lengkapi pula data pribadi dari kartu kredit yang muncul.

Selanjutnya Anda akan menerima kode konfirmasi ke nomor handphone yang terdaftar. Anda bisa memasukkan kode konfirmasi tersebut. Selanjutnya Anda tinggal melanjutkan transaksi seperti biasa.

3Membayar via ATM

Anda juga bisa membayar biaya premi asuransi melalui mesin ATM. Salah satu produk ATM yang bisa Anda gunakan untuk membayar adalah melalui ATM Mandiri Mitra Pay. Sebelum dapat memanfaatkan Mitra Pay, sebaiknya Anda terdaftar terlebih dahulu sebagai nasabah Bank Mandiri.

Prosedur cara membayarnya dengan memilih menu “Pembayaran” di mesin ATM. Kemudian pilih Multi Pembayaran atau “Multi Payment”. Kemudian masukkan kode perusahaan asuransi yang Anda ikuti. Kode ini akan diberikan oleh perusahaan ketika Anda mendaftar polis. Selanjutnya tinggal masukkan kode pelanggan yang diberikan.

4Pembayaran melalui online

Selain menggunakan cara di atas, kini telah berkembang beberapa metode pembayaran menggunakan dompet digital atau pembayaran online. Agar dapat menggunakan dompet digital ini, Anda tinggal mengecek apakah perusahaan tersebut sudah bekerjasama dengan dompet digital yang bersangkutan. Hampir bisa dibilang seluruh dompet digital sudah menyediakan penawaran pembayaran tagihan asuransi seperti BPJS kesehatan.

5Membayar untuk memperpanjang polis

Anda juga bisa memperpanjang polis lewat rekening bank auto debit. Pilihan banknya sendiri bermacam-macam, dari mulai bank negara hingga bank swasta. Untuk dapat mengaktivasi layanan ini caranya dengan mengisi formulir surat kuasa yang sudah disediakan pihak bank. Secara otomatis rekening bank Anda akan didebet untuk membayar premi rutin.

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan cara pembayaran ini juga mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir surat kuasa, memfotokopi halaman depan buku rekening, dan kartu tanda penduduk yang valid.

Anda yang mendaftarkan diri dalam asuransi yang tertera di Lifepal, maka Anda bisa mengajukan polis hingga pembayaran melalui situs ini secara langsung. Dengan begitu, Anda tidak perlu ribet-riber menghubungi perusahaan secara langsung. Semuanya akan ditangani lewat Lifepal.

Ikut dalam Asuransi yang ada di Lifepal

Patut dipahami bahwa Lifepal bukanlah perusahaan penyedia produk asuransi. Sebaliknya, Lifepal merupakan marketplace yang menghimpun sebanyak 37 perusahaan asuransi kredibel di seluruh Indonesia. Dengan beragamnya produk yang ditawarkan, Anda dapat memilih keseluruhan tipe produk yang dibutuhkan di sini.

Bagi Anda yang muslim dan khawatir ikut serta dalam asuransi konvensional, Anda bisa membeli asuransi syariah dari Takaful Keluarga. Takaful Keluarga sendiri merupakan pelopor asuransi jiwa syariah di Indonesia yang sudah beroperasi sejak tahun 1994. Ada beberapa prinsip yang ditawarkan oleh perusahaan ini, yaitu prinsip mengedepankan akad tabarru, akad tijari syari yang berusaha menghindarkan dari riba, dan juga prinsip ta’awuni atau tolong-menolong.