Bom Bunuh Diri Guncang Bandara Internasional Kabul

45

KABUL— Seorang pelaku bom bunuh diri menyerang sebuah iring-iringan pasukan asing dekat Bandara Internasional Kabul, Rabu (11/12/2013). Namun, sejauh ini belum dilaporkan adanya korban jatuh.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, telah terjadi ledakan di dekat Bandara Internasional Kabul,” kata Wakil Kepala Kepolisian Kabul Sayed Ghafar Sayedzada.

Serangan bom itu juga dibenarkan pasukan NATO yang mengatakan telah menerima laporan terkait sebuah ledakan besar dekat fasilitas yang digunakan sipil dan militer itu.

“Kami bisa memastikan bahwa sebuah serangan bom bunuh diri terjadi dengan sasaran sebuah iring-iringan pasukan ISAF,” kata Juru Bicara ISAF, Letnan Kolonel Latonda Kinley.

“Penyerang tewas dan tidak ada korban jatuh dari pihak ISAF,” tambah Kinley.

Bandara Internasional Kabul adalah pusat operasional pasukan NATO yang memerangi Taliban dan pemberontak lainnya selama 12 tahun terakhir.

Sebagai sebuah fasilitas penting, Bandara Kabul dijaga ketat tentara dan polisi, memiliki sejumlah menara penjagaan dan beberapa lapis pos pemeriksaan.

Pada Juni lalu, pemberontak Taliban menyerbu Bandara Kabul dengan target pangkalan udara militer NATO.

Saat itu, tujuh penyerang berhasil menguasai dua buah gedung yang saling berdekatan. Namun, mereka tewas meledakkan diri saat pasukan keamanan tiba di lokasi serbuan.

Sumber : AFP