Berwisata Ke Banten

528

Banten adalah sebuah provinsi yang terletak di pulau Jawa bagian barat. Provinsi ini menjadi gerbang utama pintu masuk transportasi dari Sumatera ke pulau Jawa. Letaknya yang strategis menghadap ke selat Sunda yang merupakan pintu lalu lintas utama Sumatera-Jawa, membuat daerah ini kaya akan pantai-pantainya yang indah dan berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata di Banten yang terkenal dan sering dikunjungi wisatawan luar daerah adalah Pantai Anyer.

Pantai-Anyer-Tempat-Wisata-di-Banten

Pantai Anyer merupakan sebuah pantai yang terletak di wilayah kecamatan Anyer kabupaten Serang. Pantai ini memiliki pasir yang putih, angin yang semilir dan pemandangan yang indah menghadap ke gunung Krakatau yang legendaris. Selain bisa menikmati keindahan alam Pantai Anyer yang terkenal di sini kita bisa mencoba berbagai wahana menarik yang ada di Pantai Anyer seperti speedboat, parasailing, jetski, dan berbagai olah raga air lainnya. Untuk akomodasi dan penginapan, Anyer termasuk ke dalam pantai yang modern sehingga banyak terdapat penginapan dan hotel yang mewah yang berderet menghadap keindahan alam Pantai Anyer.

Lepas dari Pantai Anyer tempat wisata di Banten yang menarik untuk dikunjungi yang lain adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan tempat hidupnya berbagai hewan langka dan mejadi benteng terakhir pelestarian alam hewan yang hampir punah tersebut.

Badak-Bercula-Satu-Taman-Nasional-Ujung-Kulon

Salah satu hewan langka yang hidup di taman nasional ini adalah Badak bercula satu. Badak ini sangat dilindungi dan masuk kategori hampir punah. Populasinya yang sedikit ditambah dengan perkembangbiakannya yang lambat membuat Badak becula satu menjadi aset berharga untuk pelestarian lingkungan dan hewan di pulau Jawa.

Anak-Gunung-Krakatau-Banten

Tempat wisata di Banten yang ketiga adalah Gunung krakatau, Gunung ini adalah salah satu gunung legendaris yang sempat mengguncang dunia melalui letusannya. Dan sekarang setelah beberapa ratus tahun berlalu Gunung Krakatau meninggalkan “anaknya” yang indah dan menjadi pilihan bagi wisatawan yang gemar dengan petualangan.

Baca juga:  Sebagian Surga Dunia Ada di Papua. Disini Tempatnya!

Wisata-Kampung-Baduy-Banten

Dan tempat wisata di Banten ke empat yang menarik untuk dikunjungi adalah Kampung Baduy. Kampung Baduy atau Kanekes merupakan sebuah daerah di Banten yang dihuni oleh suku Baduy yang sangat teguh dalam memegang adat istiadat mereka. Mereka adalah salah satu dari sekian banyak suku di dunia yang menutup diri dari dunia luar dan memilih untuk hidup dengan kesederhanaan dan tradisi yang sudah mereka jalankan sejak turun temurun.

Karena suku Baduy masih memegang teguh tradisi yang mereka jaga maka kehidupan keseharian dan sistem yang terdapat dalam kampung Kanekes pun masih sangat tradisional. Hal inilah yang membuat kampung ini menjadi unik dan sering dijadikan salah satu tujuan wisata oleh beberapa turis lokal maupun luar yang ingin mempelajari kesederhanaan masyarakat Baduy.

 

Sumber

Previous articleTips Mengatasi Kebosanan Saat Penerbangan Delay
Next articleMisteri Gunung Semeru