Berkenalan Dengan Airport Helper Yang Kini Gratis

150

Bagi Anda para penumpang pesawat dan pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta, mungkin ada yang belum tahu informasi sejak tanggal 1 September 2017, ada layanan airport helper. Layanan baru ini dikelola oleh Angkasa Pura (AP) II untuk menggantikan posisi porter .
Head of Corporate Secretary AP II Agus Haryadi mengatakan, jasa layanan airport helper ini dapat digunakan oleh penumpang dan pengguna jasa bandara secara gratis atau free of charge. Penggratisan ini dilakukan untuk mengubah pola pikir porter maupun para pengguna jasa untuk memberikan tip.

Kini tugas airport helper tidak hanya membantu mengangkut barang bawaan saja, tetapi juga memberikan bantuan kepada para penumpang. Bantuan tersebut antara lain mengantar dan mengembalikan troli, membantu memberikan informasi seputar bandara, dan memberikan petunjuk arah kepada para penumpang yang mengalami kesulitan di bandara.

Mengenai jumlah airport helper, Agus menyebutkan terdapat 805 helper berseragam warna biru dengan tulisan “No Tipping” di bagian punggungnya, yang tersebar di Terminal 1, 2, dan 3. Selama ini terdapat tiga vendor yang menyuplai tenaga jasa angkut di area Bandara Soekarno-Hatta.
“Mengenai jumlah aiport helper ini perlu dimbau juga kepada masyarakat bahwa jumlah aiport helper sebanyak 805 yang sebelumnya sudah eksis jadi porter,” pungkas Agus.

Sebagai informasi, airport helper kini telah digaji oleh AP II sesuai dengan UMR (Upah minimum Regional). Sehingga kini mereka tak lagi dibebani target dengan mengejar setoran tip dari penumpang dan pengguna jasa bandara. Ciri porter yang dulunya harus berebut dalam rangka membantu orang karena harus bayar setoran kini sudah tak ada. Vendor yang dulunya mengelola para porter kini telah bergabung dan bekerja sama dengan pihak AP II.

Baca juga:  Diperluas, Lokasi Pembangunan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Diumumkan
Previous articleKemenhub Tetapkan Bandara Silangit Berstatus Internasional
Next articleBeragam Hal Ini Bisa Buat Penerbangan Lebih Nyaman