Berburu Kerajinan Khas Sumatera Utara di Inacraft 2018

214

Pameran produk kerajinan Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 kembali digelar untuk ke-20 kalinya. Acara ini digelar 25-29 April 2018 di Jakarta Convention Center.

Seperti pada penyelenggaraan sebelumnya, Inacraft menampilkan kerajinan dari daerah tertentu di Indonesia sebagai ikon utama pameran. Untuk tahun ini, Inacraft akan menampilkan produk kerajinan, seni dan atraksi budaya Sumatera Utara sebagai ikon.

Image result for inacraft 2018

Pemilihan Sumatera Utara sebagai ikon tidak lain karena ingin mengenalkan Sumatera Utara yang selama ini lebih terkenal karena destinasi wisatanya.

Selama kegiatan berlangsung, para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai jenis kesenian Sumatera Utara yang setiap harinya akan berganti. Setiap hari tarian yang disuguhkan akan berbeda. Selama pameran pun akan ada backsound khas Sumatera Utara.

Tidak hanya itu, pengunjung akan disuguhkan dengan atraksi kebudayaan yang cukup populer di kalangan wisatawan yakni atraksi lompat batu khas Nias, Sumatera Utara.

Atraksi itu muncul dari kebiasaan berperang antardesa, masing-masing desa membentengi wilayahnya dengan batu atau bambu setinggi dua meter.

Image result for inacraft 2018

Karena itu, tradisi lompat batu lahir dan dilakukan sebagai sebuah persiapan sebelum berperang. Nantinya, para pemuda mengenakan pakaian adat dengan gagah melompati batu setinggi dua meter.

Di sisi lain, tahun ini, dalam acara itu pula akan diadakan pemberian penghargaan atau award kepada para pengrajin yang memiliki inovasi dalam menggali barang fungsional dan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Baca juga:  Hal yang Bisa Di Lakukan Saat Menunggu Pesawat di Bandara
Previous articleMUFFEST 2018 Hadirkan Tren Fashion Muslim Kekinian
Next articleUNIONSPACE Tawarkan Kantor Virtual Untuk Bisnis Anda