Bandara Wirasaba Bisa Tingkatkan Ekonomi Kawasan

57

Purbalingga – Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Sukentho Ridho Marhaendrianto meyakini pembangunan Bandara Wirasaba bakal meningkatkan perekonomian kawasan. Ia berharap izin penggunaan Bandara Wirasaba menjadi bandara komersial bisa terealisasi dalam waktu dekat. “Bandara ini bisa membuka isolasi kawasan selatan-barat Jawa Tengah,” kata Sukentho, Senin, 30 Desember 2013.

Selama ini pengusaha mengeluhkan akses transportasi yang sulit dijangkau, terutama dari Jakarta menuju Purbalingga dan sekitarnya. “Selama ini pengusaha yang hendak ke Jawa Tengah bagian selatan  harus lewat Solo dan Yogyakarta. Mereka juga harus menempuh jalur darat dengan waktu lama,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia optimis pembangunan Wirasaba bakal terealisasi. “Administrasi dan segala macam itu akan selesai dalam tahun 2014. Harus optimis.”

Tapi, menurut pengamat transportasi publik dari Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Djoko Setijowarno, langkah komersialisasi lapangan udara Wirasaba hanya layak untuk rute penerbangan ke sejumlah kota di Kalimantan. “Pembukaan penerbangan dari lanud Wirasa ke Kalimantan lebih penting dibanding tujuan Jakarta yang selama ini  masih ada alternatif transportasi lain, seperti kereta api dan bus, lewat jalur darat,” katanya.

Pertimbangannya, ujar Djoko, selama ini banyak masyarakat asal Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, dan Kebumen yang bekerja dan sebagian membuka usaha di Kalimantan. Selain itu, kata dia, akses Wirasaba ke Kalimantan bisa meningkatkan jumlah transmigran dan mampu mengurangi pengangguran di wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Dan Kebumen.

ARIS ANDRIANTO | EDI FAISOL

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/12/30/058541060/Bandara-Wirasaba-Bisa-Tingkatkan-Ekonomi-Kawasan

Baca juga:  Bandara di Tengah Bukit Salju, Tempat James Bond Mendarat
Previous articleBandara Sepinggan Siap Saja
Next articleDishub Susun FS Bandara Uyang Lahai