Bandara Pinangsori Kembali Dibuka

270

Medan – Setelah empat hari ditutup, Bandara Ferdinan Lumban Tobing, Pinangsori, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, akhirnya dibuka pada Jumat, 28 Februari 2014. Bandara ini sempat ditutup sementara akibat kabut asap yang melanda sebagian wilayah Sumatera Utara.

Kabut asap memaksa penutupan bandara itu setelah jarak pandang terus menurun hingga di bawah 400 meter sejak empat hari lalu. “Hari ini bandara sudah dibuka. Jarak pandang saat ini 700 meter. Dua pesawat Susi Air dari Kualanamu dan satu dari Gunung Sitoli sudah mendarat,” kata Kepala Bandara, Ambar Suryoko.

Meski bandara tersebut sudah dibuka, Ambar mengatakan maskapai Wings Air masih membatalkan seluruh penerbangan ke Pinangsori. “Manajemen Wings menyatakan menunggu jarak pandang lebih normal,” ujar Ambar.

Pembukaan kembali bandara ini, ujar Ambar, sudah dilaporkan ke Kementerian Perhubungan. Namun, Ambar melanjutkan, jika bandara kembali tertutup asap, kegiatan operasional bandara kembali ditutup. “Semua tergantung kondisi asap. Kalau tiba-tiba bandara kembali tertutup asap, seluruh penerbangan dilarang dari dan ke Pinangsori. Jika jarak pandang terus membaik dari hari ini, Wings Air akan beroperasi penuh,” tutur Ambar.

SAHAT SIMATUPANG

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/02/28/058558376/Bandara-Pinangsori-Kembali-Dibuka

Baca juga:  Angkasa Pura II Operasikan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Previous articleKelompok Bersenjata Rebut Bandara Ukraina
Next article2 Pesawat Qantas Tabrakan di Bandara Los Angeles