Bandara Notohadinegoro Dapat Kucuran Rp 18 Miliar

59

TEMPO.CO, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyar Daerah Jember menyetujui permintaan anggaran sebesar Rp 18 miliar dari Pemerintah Kabupaten Jember untuk memperpanjang landasan pacu Lapangan Terbang Notohadinegoro. Meski demikian, belum jelas kapan lapangan terbang akan dioperasikan. “Sudah di-dok (disetujui) dalam APBD 2014,” ujar Ketua Komisi C DPRD Jember, Mohammad Asir, Minggu, 8 Desember 2013.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki insfrastruktur lapangan terbang yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, sekitar delapan kilometer arah selatan Kota Jember.

Kepala Bidang Transportasi Dinas Perhubungan Jember Novi P.L. membenarkan rencana ini. Dana itu, kata dia, akan digunakan untuk memperpanjang landasan pacu (runway) menjadi 2.000 meter. “Selain itu, juga dipakai untuk perbaikan pagar dan penerangan,” kata dia.

Saat ini sedang dilakukan penambahan landasan pacu sepanjang 300 meter sehingga panjang landasan menjadi 1.500 meter. Proyek itu menggunakan dana Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2013. Hingga kini proyek masih dikerjakan.

Kepala Bagian Humas Pemkab Jember Sandi Suwardi Hasan mengatakan Pemkab melalui Dinas Perhubungan sedang menjalin komunikasi dengan beberapa maskapai, seperti PT Garuda Indonesia. “Dengan harapan bisa bekerja sama dalam waktu dekat,” ujarnya.

MAHMBUB DJUNAIDY