Bandara Makassar Difokuskan Jadi Hub Penerbangan RI Timur

138

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan akan terus mengembangkan beberapa bandar udara (bandara) yang dikelolanya untuk meningkatkan kapasitas serta pelayanannya pada tahun ini.

Direktur Utama AP I Tommy Soetomo mengatakan, akan meningkatkan kapasitas terminal di Bandara Sultan Hasanuddin Makasar. Pengembangan ini dilakukan untuk mendukung  Bandara Sultan Hasanuddin sebagai hub airport atau bandara penghubung dari atau ke kawasan Indonesia Timur.

“Di Makasar sudah 10 juta penumpang. Itu besar tapi kurang. Itu Makasar kita kembangkan hingga 25 juta. Itu hub untuk Indonesia Timur,” ungkap Tommy saat ditemui dalam acara Peresmian Media Centre dan Logo HUT ke-50 di kantor pusat AP I, Jakarta, Jumat (3/1/2014).

Tommy menambahkan, pihaknya juga berencana menambah terminal baru Bandara Juanda. Meski Bandara Juanda, baru akan meresmikan Terminal 2. Pembangunan terminal baru ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang sangat pesat setiap tahunnya.

“Sekarang Bandara Juanda trafficnya 17 juta, padahal di 2009 masih 10 juta. Kita tanggal 13 akan menghadap Gubernur untuk rencana ini,” paparnya.

Selain menambahkan kapasitas, Tommy menjelaskan, pihaknya akan meresmikan dua proyek renovasi bandara dan pengembangan terminal bandara yang sudah rampung.

Proyek tersebut antara lain renovasi dan pengembangan terminal di Bandara Sepinggan Balikpapan dan pembangunan terminal dua baru di Bandara Juanda Surabaya. Rencananya peresmian ini dilakukan pada tanggal 20 Februari 2014.

“Balikpapan dan Juanda kita resmikan bulan Februari. Sepinggan itu besar sekali. Ini mudah-mudahan menjadi gate Kalimantan Timur, pusat pengembangan Kaltim masuknya dari Balikpapan,” kata Tommy. (kie) (wdi)

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2014/01/03/320/921176/bandara-makassar-difokuskan-jadi-hub-penerbangan-ri-timur

Previous articlePembukaan Bandara Halim untuk Penerbangan Komersial Molor
Next articlePerjodohan Bandara Labuan Bajo-Bali Masih Check Market