Asia’s Biggest Outdoor Adventure, Diving and Marine Tourism Show

14
Asia’s Biggest Outdoor Adventure, Diving and Marine Tourism Show

Setelah mengalami dua kali penundaan akibat Pandemic covid-19, pameran internasional DXI (Deep and Extreme Indonesia) segera digelar tahun ini pada tanggal 1 – 4 September 2022 di Hall A, Jakarta Convention Center. Bagi para pecinta wisata petualangan outdoor darat dan laut, khususnya para penyelam, event DXI bukan sesuatu yang asing, bahkan ajang ini selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya, karena bukan saja sebagai ruang promosi produk-produk selam atau destinasi tujuan wisata, event ini juga menjadi tempat berkumpulnya seluruh komunitas, pelaku usaha, dan para petualang wisata bahari dari seluruh Indonesia.

Tema “Back to Business. A New Beginning”

Pandemic Covid-19 sangat telak menghantam semua sektor usaha di Indonesia, tidak terkecuali industri pariwisata yang selama ini menjadi salah satu sektor unggulan perekonomian di Indonesia. Kini sektor pariwisata di Indonesia sedang berbenah untuk bangkit dengan satu tujuan yang sama yaitu membangun kembali industri pariwisata dan mampu berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi nasional. Wisata alam berbasis outdoor, diving dan bahari tetap akan menjadi sektor yang kuat untuk mengembangkan potensi alam Indonesia sekaligus sebagai network yang tepat untuk mengkampanyekan kesadaran konservasi dan pelestarian lingkungan. Sejalan dengan target-target yang telah dicanangkan oleh pemerintah untuk membangun kembali sektor pariwisata pasca pandemi , tahun ini DXI 2022 mengusung tema optimis yaitu “Back to Business. A New Beginning”. Tema ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan permulaan yang baru untuk kembali bergeliat menumbuhkan industri pariwisata di Indonesia.

Joint exhibition DXI dan Indofest

Pameran DXI yang sudah berjalan 14 tahun selalu konsisten mengangkat kekuatan destinasi lokal khususnya spot diving sebagai salah satu unggulan destinasi wisata bahari di tanah air. Dengan sasaran yang lebih menjanjikan terhadap penguatan sektor pariwisata khususnya wisata minat khusus, DXI 2022 akan menggelar event tahunannya bersama-sama dengan event INDOFEST 2022, sebuah gelaran pameran yang mengangkat aktifitas wisata dan industri petualangan outdoor berbasis darat di Indonesia. Joint exhibition DXI dan Indofest akan memiliki kekuatan penuh yang menyatukan geliat pelaku wisata dan pelaku usaha untuk menyambut era pemulihan industri pariwisata di Indonesia.

Menjelang penyelenggaraan awal September, saat ini DXI 2022 telah terdaftar lebih dari 100 peserta yang menempati area Hall A Jakarta Convention Center seluas 3.060 m2 yang bersebelahan langsung dengan event INDOFEST 2022 di Hall B. DXI 2022 tetap akan menampilkan produk-produk selam dan olah raga air, produk petualangan, agen-agen wisata, hotel dan resort, dan destinasi -destinasi wisata bahari dari seluruh Indonesia. Potensi-potensi wisata bahari dan petualangan outdoor dari berbagai wilayah Indonesia yang akan diwakilkan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

Untuk mendukung salah satu destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo, DXI 2022 akan menampilkan pavilion khusus Labuan Bajo Liveaboard yang akan memperkenalkan paket-paket wisata di Labuan Bajo menggunakan kapal-kapal wisata. DXI juga menampilkan beberapa zona khusus seperti Underwater Photography dan Watersports Pavilion. Selain menggelar pameran, DXI akan diisi oleh berbagai talkshow, seminar dan event pendukung lainnya terkait dengan wisata bahari, diving, dan berbagai acara yang memuat peduli konservasi laut dan pelestarian lingkungan.

Penyelenggaraan DXI dikelola oleh Xnet Indonesia yang telah menginisiasi pameran ini sejak tahun 2007. Dalam perkembangannya, DXI telah diakui oleh pemerintah, komunitas dan industri sebagai bagian dari agenda nasional dan internasional terkait promosi wisata bahari dan diving. Setiap tahun lebih dari 15.000 orang mengunjungi pameran yang diselenggarakan selama 4 hari ini untuk berburu produk-produk peralatan selam terbaru dan mempersiapkan perjalanan wisata berikutnya melalui paket-paket wisata yang ditawarkan pada pameran ini.

Harga Tiket DXI 2022

DXI 2022 diselenggarakan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp. 50.000 atau tiket terusan Rp. 125.000 berlaku selama 4 hari pameran. Pembelian tiket dapat diperoleh melalui Online di website www.deepextremeindonesia.com mulai tanggal 15 Agustus 2022. Mengingat masih berlakunya status PPKM di Indonesia khususnya Jakarta, kegiatan pameran DXI 2022 akan mengikuti peraturan prokes yang berlaku. Seluruh pengunjung diwajibkan sudah menjalani vaksin dosis ke 3 (Booster).

DXI merupakan pegelaran pameran yang tidak terlepas dari dukungan semua pihak di antaranya Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia, Komite Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia, berbagai Asosiasi Klub dan Organisasi terkait dengan aktifitas selam, wisata alam dan petualangan, wisata bahari, konservasi perairan, pelestarian lingkungan dan olah raga air dari seluruh Indonesia.

Informasi mengenai kepesertaan dan informasi lainnya terkait dengan pameran DXI 2022 dapat menghubungi : Hilda Miller, 0819 0909 0277

Previous article2 Dekade Penyelenggaraan IFRA Hybrid Business Expo, Pameran Franchise & Lisensi Terlengkap di Indonesia