Akibat Insiden Penyusupan Penumpang, GM Pekanbaru Dicopot

37

General manager dan petugas keamanan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dicopot dari jabatannya. Hal ini terkait insiden Mario Steven Ambarita (21) yang menjadi penumpang gelap dengan menyusup ke dalam roda pesawat Garuda Indonesia.

“Sanksi tegas rotasi general manager dan petugas keamanan bandara dirotasi,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo di Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Suprasetyo memaparkan, Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi akan melakukan pencopotan kedua pejabat di Bandara Pekanbaru tersebut. “Sudah pasti dilakukan. Dirut AP 2 akan melaksanakan itu,” kata Suprasetyo.

Suprasetyo memaparkan, semua orang yang masuk ke dalam bandara menjadi tanggung jawab pengelola bandara. Kementerian Perhubungan pun menilai operator bandara ceroboh dalam melakukan pengelolaan bandara.

“Tanggung jawab pengelola bandar udara kenapa orang masuk ke sisi udara tanpa diketahui. Apa pun alasan tidak dibenarkan, pengelola bandara dalam hal ini lalai, baik pengawasan, alat, dan patroli,” kata Suprasetyo.

Sebelumnya diberitakan, Mario menumpang roda pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menuju Bandara Soekarno-Hatta. Tujuan Mario datang ke Ibu Kota untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

 

Sumber

Baca juga:  PT Angkasa Pura I (Persero) Mencari Para Profesional Untuk Anak Perusahaan
Previous articleRendahnya Suhu di Ruang Roda Pesawat
Next articleBandara Soekarno-Hatta Dinilai Tak Penuhi Standar Keamanan