Ada Musang di Terminal Kedatangan Bandara SAMS Sepinggan

40

Komunitas pencinta musang balikpapan yang tergabung dalam MLB (Musang Lovers Balikpapan) turut memeriahkan HUT ke-51 Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Minggu (22/2/2015) sekitar pukul 10.00 Wita.

Di area terminal kedatangan Bandara Sepinggan terlihat pengunjung mengerumuni satu spot di sisi timur ruangan, di depan tenant yang masih kosong. Mereka ada yang sekadar melihat dan tidak jarang pula yang berfoto dengan musang yang dibawa oleh komunitas MLB.

Komunitas itu memang sengaja diundang oleh pihak AP I untuk mensosialisasikan atau memperkenalkan bahwa musang juga dapat dipelihara layaknya kucing dan anjing. Hal tersebut disampaikan oleh anggota komunitas bernama Indra. Dirinya berharap, dengan adanya sosialisasi ini dapat mengubah persepsi masyarakat Balikpapan khususnya yang berkunjung ke bandara mengenai hewan nokturnal tersebut.

“Selama ini kan masyarakat pada umumnya berfikir musang itu hama dan memangsa hewan ternak. Padahal tidak seperti itu,” ucapnya.

Indra menjelaskan, sebenarnya musang itu pemakan buah-buahan. Para musang yang memakan ayam karena habitatnya yang mulai tergeser dan mulai berkurangnya pasokan makanan di alam bebas.

Ia mengaku memilih memelihara musang karena pemeliharaannya yang relatif mudah layaknya memelihara kucing dan anjing. Mudah dijinakan, ditambah lagi tidak sulit memberinya makan dan kotorannya tidak bau. Musang-musang yang di bawa ke bandara tersebut rata-rata dari hasil domestikasi atau penjinakan dari alam, kecuali dua ekor musang berusia dua bulan telah berhasil dibiakkan.

 

Sumber

Baca juga:  Bandara Jepang Sediakan Mushalla
Previous articleBandara Lombok Bantah Kabar Tertutup untuk Lion Air
Next articlePerhatian! Mulai 1 Maret Tak Ada Lagi Loket Tiket Pesawat di Soekarno Hatta