7 “Oleh-Oleh” Liburan Paling Berharga dalam Hidup

46

Melakukan perjalanan, baik keliling negara sendiri ataupun luar negeri, memberikan pelajaran berharga kepada para pelancong. Pelajaran tersebut bahkan bisa menjadi ‘oleh-oleh’ tersendiri ketika wisatawan memulai kembali aktivitas usai berlibur.

Berikut tujuh pelajaran berharga yang bisa Anda peroleh dari berlibur dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dilansir dari Huffingtonpost, Senin (25/11/2013):

Mulai berpikir lebih bebas
Ketika bepergian, tentunya Anda ingin koper menjadi lebih kecil sehingga mudah membawanya. Bukan hanya itu, keuntungan lainnya adalah Anda akan menjadi lebih aktif mengeskplorasi tempat yang ingin dikunjungi. Sama halnya ketika Anda sudah berada di dalam rumah, mulailah berpikiran untuk lebih aktif dan bebas dalam menjalani rutinitas sehari-hari, jangan terlalu memikirkan beban berat yang Anda bawa.

Nikmati yang sedang terjadi
Perjalanan adalah bagaimana Anda menikmati hari yang sedang dijalani saat itu, tidak peduli dengan segala kekacauan yang mungkin terjadi sebelum Anda melakukan perjalanan atau patah hati yang tengah melanda. Kemudian, bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda menerapkan pola seperti itu di tempat kerja atau rumah, sepulang Anda berlibur.

Mencoba hal baru
Perjalanan tentunya membawa kenangan berharga dan takkan terlupakan karena keadaan akan memaksa Anda mencoba atau melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lihat dan temui. Lakukanlah hal itu di dalam hidup Anda. Mulai lakukan kebiasaan baru yang sama sekali belum pernah Anda lakukan, seperti mengikuti kelas seni atau memasak.

Fokus pada orang di sekitar Anda
Di dalam pesawat, Anda akan mengalami situasi tidak bisa berbuat banyak selain membuka percakapan dengan seseorang yang duduk di sebelah Anda untuk mengusir rasa bosan. Begitupula dengan kehidupan Anda sehari-hari. Coba mulai luangkan waktu setiap harinya dengan fokus kepada orang di sekitar, misalnya pasangan, dan anggaplah hanya dengannya yang ada di dunia ini.

Jangan berhenti bermimpi
Selama liburan, Anda mulai tak sabar merencanakan kembali liburan-liburan selanjutnya setelah merasakan hal menakjubkan sepanjang perjalanan. Lakukan hal itu pula pada kehidupan Anda dengan mulai membuat perencanaan apa yang akan Anda lakukan setiap harinya. Jangan pernah berhenti untuk bermimpi. Mulai menabung untuk masa depan Anda, buatlah perencanaan menarik di kalender.

Pertahankan rasa penasaran
Jika Anda berada di tempat sejarah, rasa keingintahuan akan menjadi sangat besar. Anda tertarik untuk mempelajarinya. Cobalah bawa dan pertahankan rasa penasaran tersebut ke dalam rumah dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Coba untuk belajar terbuka dan menerima pelajaran dari orang lain.

Tersenyum lebar
Motto ketika sedang berlibur adalah “life is beautiful”. Anda berada di suatu keadaan yang sangat indah dan jauh dari rutinitas. Sulitnya medan yang Anda tempuh demi melihat pemandangan indah yang tersembunyi di balik bukit sana, tetap tidak menyurutkan semangat untuk terus menjalaninya. Bawalah sikap tersebut di kehidupan sehari-hari dengan selalu optimis dan tersenyum menjalani kehidupan sesulit apapun. Karena di balik kesulitan, akan ada keindahan tiada tara menunggu Anda di sana.

Sumber: http://travel.okezone.com/read/2013/11/25/409/902290/7-oleh-oleh-liburan-paling-berharga-dalam-hidup