7 Kuliner Khas Makassar Mantap yang Harus Dicoba

268
kuliner khas Makassar

Makassar tak hanya hanya terkenal karena Pantai Losari-nya yang indah atau serunya wahana Trans Studio yang ada disana. Mudik ke Sulawesi Selatan berarti mencicipi kembali kuliner khas Makassar yang tiada duanya. Inilah 7 kuliner khas Kota Angin Mamiri yang selalu menggugah selera.

Ini dia daftarnya:

1. Pisang Ijo

Kuliner yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan hidangan buka puasa. Apalagi kalau bukan pisang ijo. Makanan ini berbahan dasar pisang yang dilapisi adonan hijau dan dikukus. Lalu disajikan dengan bubur sumsum, es dan ditaburi sirup merah. Amboii rasanya.

Cicipi nikmatnya es pisang ijo saat mudik keMakassarini di Warung Makan Bravo. Tempat makan ini buka mulai pukul 10.00-22.00 WITA.

2. Pallu Butung

Masih sejenis es, kuliner lain yang tak kalah nikmat yaitu es pallu butung. Sama seperti pisang ijo, makanan ini juga berbahan dasar pisang. Bedanya tidak ada adonan hijau yang melapisi pisang. Es ini juga bisa ditemukan di Warung Makan Bravo. Sekali coba pasti ketagihan!

3. Coto Makassar

Inilah kuliner paling ‘hits’ di Makassar. Kuahnya yang gurih dan sarat bumbu, sungguh nikmat terasa dalam mulut saat dikunyah bersama ketupat. Pilihan coto pun beragam, ada coto daging, paru atau campur. Anda bisa mencoba lezatnya coto Makassar di Coto Gagak di Jalan Gagak 27,Makassar.

4. Pisang epe

Mau camilan yang manis dan gurih, pisang epe jawabannya. Camilan asyik khas Pantai Losari ini banyak dijual di gerobak sepanjang pantainya. Pisang epe sendiri adalah pisang yang dijepit hingga pipih, dibakar kemudian diberi topping atau bumbu seperti durian, keju atau coklat. Hmm, kira-kira anda suka yang mana ya?

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

5. Mie Titi

Sekilas mirip i fu mie, mie titi ini bentuknya kering dan diguyur dengan kuah mirip cap cay. Bedanya hanya pada bumbu dan jenis mie yang digunakan. Karakter mie titi lebih tipis ketimbang i fu mie. Soal rasa, tak kalah enak. Anda bisa menemukan mie titi di Jalan Irian, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Bumi Tamalanrea Permai.

6. Pallubasa

Pallubasa ini masih ‘kerabat dekat’nya cotoMakassar. Kuliner berkuah ini berisi daging sapi yang diberi taburan kelapa goreng. Rasanya sungguh gurih dan segar. Jika mau, anda juga bisa menambahkannya dengan kuning telur mentah. Salah satu warung makan pallubasa yang terkenal dan ramai pengunjung adalah di Jalan Serigala.

7. Sop Konro dan Konro Bakar Karebosi

Terbuat dari daging sapi pilihan yang dicampur kuah sup, sop konro sungguh gurih dan nikmat. Sedangkan konro bakar merupakan daging iga sapi pilihan yang dipanggang dan dipadu dengan bumbu kacang racikan khasMakassar.

Sedangkan nama Karebosi diambil dari nama alun-alunKotaMakassar, tempat Warung Sop Konro ini pertama berdiri. Kini Warung Sop Konro milik Haji Hanafi ini bergeser tidak jauh dari Lapangan Karebosi.

Previous articleLiburan Demi Ketenangan, Kejernihan, dan Relaksasi Pikiran
Next articleTips Wisata ke Karangasem
Tim Airport.id
Kami hadirkan beragam informasi dunia penerbangan dan pariwisata