6 Cara Hemat Berlibur

56

Masalah finansial sering kali menjadi kendala menikmati liburan. Nah, agar dapat mencicipi liburan dengan pola hemat, mungkin Anda bisa mengikuti tip yang dicuplik dari CNN Travel berikut, seperti dikutip Travelounge edisi April 2014.

1. Destinasi Baru

Carilah desatinasi baru yang biasanya dijadikan tujuan alternatif oleh wisatawan. Jangan mendatangi tujuan wisata yang sedang ramai diperbincangkan. Sebab, daerah yang sedang naik daun biasanya akan mengerek tinggi harga penginapan dan lain-lain. Selain menekan biaya pengeluaran, Anda dapat menikmati pengalaman baru yang belum tentu dicicipi wisatawan lain.

2. Tiket Pesawat

Setelah akomodasi, yang harus diperhatikan untuk mendapat liburan murah adalah tiket pesawat terbang berharga miring. Perlu strategi tersendiri tentunya. Ada banyak situs perjalanan yang menampilkan tarif penerbangan. Umumnya, pemesanan harus dilakukan jauh-jauh hari. Jika Anda pergi dengan dua orang aatu lebih, sebaiknya pesan tiket secara terpisah. Dengan cara tersebut, mungkin Anda akan mendapat tiket dengan harga lebih rendah. Jangan lupa, pesan langsung untuk tiket pulang-pergi karena biasanya harganya jadi lebih miring.

3. Transportasi Alternatif

Sebaiknya jangan terpaku pada satu alat transportasi, semisal pesawat terbang. Jika tujuan Anda bisa ditempuh lewat jalur darat, mulailah berhitung. Tak ada salahnya memilih transportasi darat bila biayanya lebih murah. Memang perlu waktu lebih lama, tapi pengalaman yang didapatkan jadi sangat beragam.

4. Menginap di Kerabat

Biaya hotel dapat menyebabkan pengeluaran membengkak selama liburan. Untuk menyiasatinya, wisatawan bisa memilih menginap di rumah kerabat atau teman. Selain untuk menjalin silaturahmi, tentu Anda dapat berhemat. Ada pula jaringan sesama pelancong untuk hal yang satu ini. Jaringan tersebut tersebar di sejumlah negara. Terkadang Anda tak hanya mendapat akomodasi, tapi juga pemandu lokal gratis.

Baca juga:  Ini, Trik Mudah Berfoto di Bawah Air

5. Memanfaatkan Wi-Fi

Pelancong yang tetap ingin menggunakan polsel selama berada di lokasi wisata disarankan menggunakan nomor telepon lokal, terutama bagi wisatawan yang pergi ke luar negeri. Bila masih menggunakan nomor negara asal, Anda bisa memanfaatkan layanan Wi-Fi yang umumnya banyak ditemukan di hotel atau destinasi wisata.

6. Pemandu Lokal

Melancong ke daerah baru memang asyiknya menggunakan jasa pemandu profesional. Namun tentu perlu dana lebih untuk membayarnya. Karena itu, sebaiknya gunakan jasa penduduk lokal yang umumnya meminta bayaran lebih murah ketimbang pemandu profesional.

ANDRY TRIYANTO

Sumber: https://id.berita.yahoo.com/6-cara-hemat-berlibur-073617567.html

Previous articleRancangan Baru, Bandara Istanbul Bakal yang Terbesar di Dunia
Next articleTips Bawa Hewan Peliharaan Saat Berwisata