Liburan ke tempat wisata adalah salah satu cara untuk menyegarkan kembali pikiran kita dari pekerjaan yang sudah menjadi rutinitas. Oleh karena itu banyak orang – orang yang menawarkan jasanya didalam agen – agen perjalanan. Namun harga yang ditawarkan oleh agen perjalanan juga tidak sedikit karena pembayaran yang dilakukan termasuk dari jasa agen tersebut. Untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan sendiri tanpa menggunakan agen perjalanan saya punya beberapa tips.

1. Pilih tujuan kamu
Hal pertama yang kamu lakukan adalah pilih tempat yang akan kamu kunjungin, apakah di Pulau Jawa atau luar pulau Jawa? hal ini akan berpengaruh dengan jarak yang akan ditempuh dan tempat – tempat wisata yang akan dikunjungi sehingga kita dapat menghitung berapa lama kita akan berlibur.

2. Rencanakan tempat wisata yang akan dikunjungi
Kedua kita perlu merencanakan tempat – tempat wisata yang akan kita kunjungi. Jangan sampai kita berangkat dari Bandung jam 20.05 tiba di Yogyakarta jam 04.45 lalu baru dipikirkan akan menuju ketempat mana. Selain makan waktu karena kita harus mencari cara untuk menuju kesana kita juga akan makan hati karena harus melalui perdebatan jika liburan bersama teman seperjalanan. Alangkah baiknya jika kita sudah merencanakan tempat – tempat yang akan kita kunjungi dan juga cara menuju kesana seperti naik becak dari stasiun Lempuyangan menuju Halte Transyogya. Data – data ini bisa kita dapatkan dari cerita perjalanan orang – orang yang sudah pernah ketempat tersebut.

3. Rencanakan keuangan yang akan digunakan.
Selanjutnya adalah rencanakan anggaran yang akan dikeluarkan. Hitung kira – kira berapa banyak anggaran untuk transportasi keseluruhan pulang – pergi, berapa banyak anggaran untuk makan serta jajan, dan juga berapa banyak anggaran untuk membeli cinderamata. Jangan sampai kita terlalu banyak jajan sehingga uang untuk membeli cinderamata tidak ada, benda yang akan menjadi kenangan kita ditempat wisata tersebut jadi tidak ada.

4. Lakukan reservasi di tempat penginapan
Biasanya para penyedia tempat penginapan melakukan kerja sama dengan agen atau website yang menyediakan voucher potongan harga setelah anda memesan voucher tersebut anda diminta untuk melakukan reservasi dihotel tersebut. Salah satu website yang menyediakan potongan harga tersebut adalah Group*n.

5. Persiapkan barang yang akan dibawa
Setelah semua persiapan matang, kita tinggal berangkat menuju lokasi. Perhatikan juga barang yang akan dibawa, jangan sampai ada yang tertinggal terutama kamera. Kenapa kita butuh kamera? Karena dengan foto – foto kita mempunyai bukti kalau kita pernah berkunjung kesana. Bukti itu bisa kita tunjukkan kepada orang lain atau kepada diri sendiri. Percuma saja kita cerita panjang lebar tentang indahnya Candi Borobudur tetapi kita tidak bisa menunjukkan indahnya Candi Borobudur dengan gambar. Bisa – bisa indahnya Candi Borobudur yang anda ceritakan dengan yang teman anda tangkap berbeda.

Menurut saya jalan – jalan yang baik ketika kita dapat menikmati perjalanan itu. Jadi kalau kita sedang jalan – jalan tetapi masih memikirkan masalah pekerjaan kita lebih baik minggu depan balik lagi atau “remedial” jalan – jalannya karena kita sedang tidak menikmati perjalanan itu dan hasil dari jalan – jalan itu cuma bikin anda stress takut pekerjaan terbengkalai.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/post/539de3ba138b46d3228b4693#post539de3ba138b46d3228b4693