5 Tips Penting Belanja di Pasar Malam

357

Banyak kota besar di dunia yang punya pasar malam meriah. Selain wisata kuliner, traveler juga bisa berwisata belanja. Berikut 5 tips penting belanja di pasar malam.

Pasar malam tak hanya bisa ditemui di Indonesia, tapi juga banyak kota di dunia. Pasar malam menjadi salah satu tempat terbaik untuk belanja, karena harga barang yang cenderung murah.

Namun, setidaknya ada beberapa yang perlu diingat sebelum Anda berbelanja. Dihimpun detikTravel, Jumat (20/6/2014), berikut 5 tips belanja di pasar malam:

1. Ketahui lokasi dan jam buka pasar
Sebelum berangkat, pastikan Anda mengetahui lokasi pasar malam. Jangan lupa cari informasi seputar transportasi umum dari dan menuju ke sana. Selain lokasi, jam buka pasar juga penting untuk diketahui. Ada pasar malam yang buka sore hari, ada pula yang baru buka larut malam. Ada yang buka tiap malam, ada juga yang hanya buka akhir pekan. Anda boleh saja datang terlalu cepat, namun jangan sampai telat sehingga tak bisa menikmati pasar malam secara maksimal.

2. Berkeliling pasar sebelum belanja
Hasrat belanja, terutama bagi traveler wanita, pasti sulit ditahan. Namun jangan mengambil keputusan terlalu cepat saat melihat barang yang diinginkan begitu Anda tiba di pasar malam. Ada baiknya berkeliling pasar terlebih dahulu, bertanya-tanya soal harga barang yang Anda mau. Bisa jadi ada kios di bagian tengah pasar malam yang menawarkan harga lebih murah. Atau, barang yang kualitasnya lebih bagus. Tapi jangan lupa, ingat-ingat kios yang dimaksud kalau Anda ingin kembali usai memutuskan barang yang akan dibeli.

3. Menawar
Ini dia jurus paling penting saat belanja, termasuk di pasar malam. Menawarlah, karena hampir semua barang di pasar malam bisa ditawar. Anda boleh mulai menawar dari setengah harga. Kemungkinan besar si penjual pasti menolak, namun Anda bisa mulai menaikkan harga sedikit demi sedikit dari angka tersebut. Gampang kan?

Baca juga:  Tips Traveling Ketika Dinas Luar Kota

4. Ketahui barang khas destinasi setempat
Pasar malam di sebuah kota pasti menjual barang khas destinasi setempat. Inilah yang tak boleh Anda lewatkan saat belanja di pasar malam. Baik itu kain, kerajinan tangan, atau aksesori, tak ada salahnya membeli barang khas untuk diri sendiri atau oleh-oleh.

5. Siapkan stamina
Berkeliling pasar malam butuh tenaga ekstra. Betapa tidak, mayoritas pasar malam tak mengizinkan kendaraan lewat. Anda harus berjalan kaki dari ujung satu ke ujung yang lainnya.

Maka, alangkah baiknya mengisi perut terlebih dahulu sebelum belanja. Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner lokal di tengah-tengah agenda belanja. Jangan lupa minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi ya!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2014/06/23/084824/2615878/1048/3/5-tips-penting-belanja-di-pasar-malam

Previous articleSelama Piala Dunia, Datangi Destinasi Paling Cantik di Brasil
Next article12 Alasan Kenapa Traveling Sendirian Itu Keren!