5 Cara Seorang Pilot Mengusir Kejenuhan

0
1
Cara Seorang Pilot

5 Cara Seorang Pilot Mengusir Kejenuhan – Penerbangan jarak jauh bisa memakan waktu hingga belasan jam. Pilot terkadang merasa bosan. Apa yang mereka lakukan untuk menghilangkan kebosanan dalam penerbangan jarak jauh?

Pilot adalah profesi yang tampaknya memiliki prestise tinggi dari luar. Meski begitu, sebenarnya pilot juga memiliki suka dan duka sendiri. Pilot juga memiliki tanggung jawab yang tidak ringan. Mulai dari setidaknya waktu luang bersama keluarga hingga jam kerja yang padat dan menuntut fisik selalu prima. Ini karena, pilot sering melakukan penerbangan jarak jauh yang berlangsung hingga selusin jam. Seperti halnya penumpang, pilot juga bisa merasa bosan saat melakukan penerbangan jarak jauh.

Apa yang jadi cara seorang pilot jika merasa bosan saat berada di pesawat ya?

Penerbangan jarak jauh bisa memakan waktu hingga belasan jam. Pilot terkadang merasa bosan. Apa yang mereka lakukan untuk menghilangkan kebosanan dalam penerbangan jarak jauh? Pilot adalah profesi yang tampaknya memiliki prestise tinggi dari luar. Meski begitu, sebenarnya pilot juga memiliki suka dan duka sendiri.

Pilot juga memiliki tanggung jawab yang tidak ringan. Mulai dari setidaknya waktu luang bersama keluarga hingga jam kerja yang padat dan menuntut fisik selalu prima. Ini karena, pilot sering melakukan penerbangan jarak jauh yang berlangsung hingga selusin jam.

Seperti halnya penumpang, pilot juga bisa merasa bosan saat melakukan penerbangan jarak jauh. Patrick Smith, pilot dan penulis memoar Cockpit Confidential: Segala yang Perlu Anda Ketahui tentang Air Travel mengatakan, “Ada banyak penerbangan jarak jauh di mana tidak ada sama sekali,” dikutip halaman bestlifeonline.com.

“(Sebagai pilot, red.) Anda harus selalu melihat, memantau, dan mengatur kemajuan penerbangan, dan memeriksa sistem di pesawat, tetapi, kadang-kadang rasanya sangat membosankan di sana.”

Lalu, apa yang dilakukan pilot ketika mereka merasa bosan dalam penerbangan jarak jauh? Pilot memang orang biasa yang bisa kelaparan dan mengantuk, sehingga mereka juga terkadang tidur atau makan saat bepergian jarak jauh. Namun, ada beberapa hal lain yang dilakukan pilot untuk memanfaatkan waktu mereka.

Lihatlah berbagai hal yang dilakukan pilot ketika dia bosan, seperti yang dirangkum oleh Airport.id dari halaman bestlifeonline.com.

1. Teka-teki

Banyak pilot mengatakan mereka menyukai permainan asah otak, seperti teka-teki silang atau Sudoku saat melakukan penerbangan jarak jauh.

2. Belajar untuk sekolah

Banyak pilot mengklaim bahwa mereka menggunakan waktu dalam penerbangan jarak jauh untuk belajar. Bahkan ada seorang pilot yang mengatakan rekan-rekannya mempelajari fisika kuantum pada beberapa penerbangan transatlantik antara Inggris dan Amerika Selatan.

3. Belajar bahasa asing

Jika seorang pilot dapat berbicara dengan dua atau lebih bahasa, kemungkinan besar ia sedang belajar bahasa asing di kokpit. Pilot dalam sebuah forum terbuka mengklaim, mereka belajar bahasa Mandarin dan bahkan Hindu saat dalam penerbangan jangka panjang.

4. Lihatlah ke luar jendela

Ketika Anda bosan dengan majalah dalam penerbangan, penumpang juga sering melihat pemandangan luar melalui jendela pesawat. Ternyata sang pilot juga melakukan hal yang sama, tetapi dengan tujuan tertentu. “Aku melihat ke luar jendela untuk mencari pesawat lain dan melihat cuaca.” Pilot juga terkadang mencari tahu apakah ada awan kumulus besar dan tinggi yang bisa berbahaya untuk penerbangan.

5. Karaoke

Jika sebagai penumpang, Anda tidak boleh berisik dan bernyanyi di kabin. Tetapi di pilot ada sedikit privasi. “Jika Anda sendirian, tidak masalah jika Anda ingin bernyanyi sesuka hati meskipun suara Anda buruk,” kata seorang pilot. “Namun, pastikan kamu tidak memegang mikrofon dan menyiarkan nyanyianmu ke semua kabin atau menara kontrol di seluruh dunia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here