Agar Nyaman Mudik dengan Pesawat, Perhatikan Tips Berikut

49

Arus mudik akan segera tiba. Jutaan orang akan bergerak dari satu daerah ke daerah lain untuk kembali ke kampung halaman. Momentum Lebaran paling dinanti adalah bertemu dengan sanak famili.

Ada banyak pilihan alat transportasi untuk digunakan dalam mudik. Pesawat adalah salah satunya. Jalur transportasi udara ini dinilai paling nyaman karena akan membawa pemudik dengan cepat sampai tujuan tanpa harus terkena macet berjam-jam sebagaimana jalur darat.

Tetapi jika salah melakukan perhitungan, Anda juga akan kerepotan dan bahkan sama sekali tidak  nyaman mudik dengan pesawat. Untuk itu perhatikan beberapa tips dari Public Relation Supervisor Pegipegi, Anggara Yudha yang dikutip Kompas  agar mudik Anda nyaman dengan pesawat.

1.Persiapkan tiket

Sama seperti membeli tiket kereta api, tiket pesawat juga musti dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Biasanya standar pemesanan tiket pesawat udara adalah dua bulan sebelum keberangkatan. “Paling lambat 15 hari sebelum keberangkatan,” ujar Anggara.

Calon pemudik bisa memeriksa ketersediaan tiket lewat travel agent maupun online travel agent. Periksa harga-harga tiket pesawat yang sesuai dengan kebutuhan kantong.

2. Bagasi

Usahakan untuk membawa bagasi secukupnya. Setiap maskapai biasanya membatasi kapasitas bagasi penumpang.

“Rata-rata di maskapai berat bagasi 15-20 kilo itu. Misalnya ada tiket tiga, itu akumulasi jadi 60 kilo. Jadi bagasi sesuaikan sama syarat yang dikasih maskapai penerbangan. Gak perlu bawa berlebihan,” tambahnya.

Bila ingin membawa barang ke kabin, pastikan perhatikan ukuran kabin. Setiap penumpang biasanya juga memiliki barang masing-masing.

3. Gunakan kendaraan umum

Ada baiknya Anda naik kendaraan umum ke bandara. Bila naik kendaraan umum, tak perlu biaya tambahan untuk parkir dan relatif lebih nyaman.

“Kalau mau bawa kendaraan pribadi biasanya nanti diarahkan ke tempat parkir yang menginap. Jadi beda lokasinya,” tambah Anggara.

Baca juga:  30 Negara Bebas Visa Jadi Target Maskapai Penerbangan

4.Siapkan makanan

Bila Anda naik maskapai penerbangan berbiaya rendah dan takut tak mendapatkan makanan, maka persiapkanlah sebelum berangkat. Anggara mengatakan beberapa maskapai memberikan makanan ringan pada penerbangan.

“Biasanya roti dan air mineral. Kalau mau bawa camilan sendiri, dipastiin itu gak over pas pemeriksaan di x-ray,” ujarnya.

Biasanya jelang mudik, di restoran atau kedai akan ramai dikunjungi. Jika tak ingin mengantre lama, membawa makanan sendiri bisa jadi cara andalan.

5.Pastikan terminal keberangkatan

Sebelum berangkat, pastikan lokasi terminal keberangkatan. Anda bisa mengecek ke pihak maskapai penerbangan terkait lokasi terminal keberangkatan.

“Khususnya di Bandara Soekarno Hatta. Pastikan ke maskapai, berangkatnya di terminal mana. Ada pengalaman customer di pegipegi. Dia salah terminal karena berubah terminalnya,” jelasnya.

6.Datang lebih awal

Mudik menggunakan pesawat berarti Anda harus datang lebih cepat. Pastikan Anda tiba di Bandara minimal tiga jam sebelum waktu boarding.

Anda memerlukan waktu lama untuk antrean check-in atau bagasi. Agar lebih menghemat waktu, pastikan Anda telah melalui online check-in terlebih dahulu.

7. Power bank dan kelistrikan

Bila butuh mengisi daya baterai di setiap sudut bandara biasanya terdapat charger station. Anggara mengakui memang jumlah stop kontak tersebut memang tak sesuai dengan jumlah penumpang yang ada di ruang tunggu.

“Siapkan powerbank. Ada juga teman saya yang pernah bawa kabel kontak. Jadi cari yang isinya empat sampai enam lubang. Cukup bawa yang dua meter,” tambahnya.

8. Aplikasi bandara

Beberapa bandara di Indonesia telah memiliki aplikasi yang berisi informasi tentang penerbangan dan seputar bandara. Anda bisa memaksimalkan aplikasi mobil PT Angkasa Pura 2 yang bernama Indonesia Airport.

Previous articleBerkat Kemajuan Tekhnologi Robot Bisa Menerbangkan Pesawat
Next articleIntip 5 Destinasi Ngabuburit Paling Asyik di Jakarta