10 Negara yang Wajib Dikunjungi Tahun 2014

Kompas.com — Tahun 2013 akan segera “tutup buku”. Menyambut tahun 2014, pastilah destinasi wisata baru telah dicanangkan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Lonely Planet secara rutin mengeluarkan 10 destinasi negara terbaik untuk dikunjungi.

Pada daftar, beberapa negara mengunggulkan kekayaan alam seperti gunung dan pantai serta kecantikan kota. Sayangnya, Indonesia belum masuk dalam 10 negara terbaik tahun 2014. Mungkin ini bisa menjadi lecutan pengelola wisata di Indonesia agar lebih membenahi sektor pariwisata. Siapa tahu, Indonesia bisa masuk dalam daftar negara terbaik tahun selanjutnya.

Brasil

Matahari menghangatkan pantai Brasil tanpa jeda. Pegunungan yang ditumbuhi hutan hujan adalah keindahan yang didambakan negara beriklim tropis. Dalam waktu dekat, Brasil akan menjadi tuan rumah gelaran akbar sejagat. Piala Dunia 2014 dilanjutkan Olimpiade 2016. Jadi tak heran jika negara ini semakin berbenah mempercantik diri.

Menikmati keindahan alam Brasil di bukit pasir Lençóis Maranhenses serta menjelajahi gereja-gereja katedral di kota Ouro Preto, kemudian berenang di Bonito.

Antartika

Tahun ini tepat 100 tahun peringatan Ernest Shackleton menjelajahi Antartika. Mungkin Anda juga bisa mencontoh keberanian beliau dalam menjelajahi satu-satunya wilayah di muka bumi yang tak berpenghuni ini.

Bila Anda gemar menonton saluran petualangan di televisi, yang menceritakan Antartika dengan gunung es megah, ya, seperti itulah kira-kira benua Antartika. Anda akan menemukan penguin bermain-main pada es yang merupakan habitat aslinya, anjing laut serta paus-paus besar melintasi lautan antartika.

Skotlandia

Pada tahun 2014 mendatang, Skotlandia akan menjadi tuan rumah turnamen olahraga XX Commonwealth Games. Kota Glasgow yang menjadi tempat berlangsungnya perhelatan memiliki tempat-tempat olahraga baru. Termasuk renovasi pelabuhan Glasgow Harbour.

Selain itu, beberapa festival juga akan berlangsung di kota ini. Misalnya festival di Perthshire, festival di Kastil Skotlandia, dan Festival Speyside Whisky pada bulan Mei.

Swedia

Swedia muncul dengan budaya pop baru. Kota terbesar di bagian utara Swedia, Umeå, menjadi ibu kota budaya di Eropa pada 2014 mendatang.

Swedia telah lama menjadi tujuan favorit turis pencinta kuliner. Bahkan pengaruh masakan Swedia telah menyebar keluar perbatasan negara. Hal ini bisa jadi karena makanan Swedia terbuat dari bahan-bahan lokal terbaik seperti makanan laut, buah-buahan, jamu, atau keju.

Getty ImagesBlantyre, Malawi

Malawi

Di kota terbesar kedua di Malawi, Blantyre, Anda akan bisa menemukan satwa liar berkeliaran di jalan, gajah, badak, singa, bahkan macan tutul. Pada tahun lalu, negara ini masuk ke dalam lima negara terbaik yang melakukan konservasi satwa liar.

Danau Malawi adalah tempat terbaik untuk snorkeling. Sedangkan Gunung Mulanje sangat tepat bagi pencinta trekking. Viphya Plateau dan bukit Whaleback akan membawa Anda terlempar ke zaman prasejarah.

Meksiko

Belanja kerajinan di mal Oaxaca, berpesta sepanjang malam di Cancún, dilanjutkan dengan bermandi cahaya mentari di Pantai Karibia adalah hal tak terlupakan bagi turis yang pernah berkunjung ke Meksiko.

Seychelles

Seychelles atau Seiselensa memiliki 115 pulau yang berserakan di Samudera Hindia. Hiking, menyelam, berwisata perahu, dan pilihan petualangan lainnya tersedia di Seychelles dengan ditemani pemandangan megah. Di kepulauan yang disebut sebagai “The Galápagos of the Indian Ocean” ini mulai banyak bermunculan hotel dengan konsep ramah lingkungan.

Belgia

Bruges, Antwerpen, Ghent, hingga Brussels adalah kota-kota cantik di Begia. Tahun 2014 mendatang adalah peringatan 100 tahun pecahnya Perang Dunia I. Kunjungi bangunan-bangunan peninggalan perang, monumen, hingga kuburan yang mencerminkan kengerian perang waktu itu.

shutterstockBrussels, Belgia

Macedonia

Ibu kota Macedonia, Skopje, sangat ramah terhadap turis. Beberapa tempat wisata sedang berkembang di Skopje. Misalnya saja Danau Ohrid, area ski Mavrovo dan Stobi. Di wilayah Tikves, terdapat kebun yang menghasilkan anggur kualitas nomor wahid.

Malaysia

Dengan menargetkan kunjungan hingga 28 juta pengunjung dalam satu tahun, Malaysia banyak membangun tempat atraksi wisata. Taman burung terbesar se-Asia Tenggara ada di Melaka (memiliki 6.000 burung dari 400 spesies), Legoland, dan Hello Kitty Land di Nusajaya.

Terminal baru di Kuala Lumpur International Airport menjadi gerbang utama kedatangan turis. Selain itu, promo tiket penerbangan murah yang ditawarkan beberapa maskapai seperti Malaysia Airlines, AirAsia, Firefly, dan Malindo Air menjadi faktor utama penjaring banyak wisatawan.

Editor : Wisnubrata