Uji Coba Kereta Bandara Soetta Beroperasi November 2017

70

PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana melakukan uji coba kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta pada November 2017 mendatang. Mempercepat hal itu, proses pembangunan rel tengah dirampungkan. Di tahap awal ini, keberangkatan kereta dilakukan mulai dari Stasiun Sudirman Baru, bukan dari Stasiun Manggarai.

November 2017 mendatang, Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan melintasi Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-berakhir di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan, Stasiun Manggarai sendiri tengah dilakukan pembangunan rel ganda.

“Operasi November mulai dari Sudirman, bukan dari Manggarai. Karena Stasiun Manggarai kita bangun, targetkan 2018 selesai semua,” ujar Plt Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri.

Sedangkan Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi secara penuh pada Februari 2018 mendatang mulai dari Stasiun Manggarai. Dengan demikian nantinya kereta bandara akan melintasi Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-berakhir di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

“Kita rencanakan dan kita sendiri operasi Februari full, tapi teman-teman KAI uji coba November,” kata Zulfikri.

Dengan beroperasinya Kereta Bandara Soekarno-Hatta diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan. Sehingga masyarakat memiliki alternatif transportasi dan beralih menggunakan kereta.

Baca juga:  Baru! Pesawat Komersial Jepang Diluncurkan
Previous article4 Fungsi Lain Airplane Mode yang Perlu Anda Ketahui
Next articleYuk, Jadi Penumpang Pesawat Cerdas