Tragisnya Pesawat Supersonik Yang Belum Pernah Sukses

123

Sejarah merekam pesawat supersonik komersial belum ada yang sukses. Saingan Concorde sekalipun yang bernama Concordski juga tidak bisa merubah sejarah.

Pesawat supersonik ini merupakan buatan Rusia yang dinamai Tupolev Tu-144. Bentuknya hampir mirip dengan Concorde namun, lekuknya lebih eksotis dan misterius.

Concordski sedikit lebih besar dan lebih cepat dari pada concorde. Hal yang membedakannya juga adalah sepasang ‘canards’ atau sayap-sayap yang berada tepat di belakang kokpit. Sayap ini yang memberikan pengangkatan ekstra dan kendali yang lebih baik pada kecepatan rendah

Sempat ditampilkan di Paris Air Show pada tahun 1971 dan berhasil membuat semua orang terkesan. Uni Soviet merupakan negara pertama yang mengembangkan pesawat jet supersonik berpenumpang.

Meski begitu, Concordski (sebutan Tupolev Tu-144) masih memiliki kekurangan dan merubah nasibnya menjadi salah satu kegagalan penerbangan sipil terbesar sampai saat ini.

Meskipun concorde yang mendapatkan tempat dalam sejarah, concordski yang kurang dikenal telah mengalahkannya di langit sebanyak dua kali. Penerbangan concordski dimulai pada 31 Desember 1968 atau dua bulan sebelum concorde, kemudian mencapai penerbangan supersonik pertamanya pada bulan Juni 1969.

Baca juga:  Tim Robotika Unikom Kena Getah Tragedi Hilangnya Pesawat MAS MH307
Previous articleTNI Rayakan Hari Ulang Tahun Dengan Berbagai Atraksi Udara
Next articleTips Ini Buat Tiket Pesawat Yang Kamu Beli Makin Murah Loh