Tips Mudah Traveling Tanpa Harus Mengeluarkan Banyak Uang

123
Tips Mudah Traveling Tanpa Harus Mengeluarkan Banyak Uang

Kamu ingin melakukan traveling namun hanya memiliki budget minimalis? Tak perlu ragu. Sebab ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran kamu. Sehingga meski dengan budget minimalis pun, kamu tetap bisa melakukan traveling dengan mudah tanpa merasa tersiksa. Lalu, apa saja tips untuk menghemat pengeluaran dalam traveling yang mudah dan sederhana? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak beberapa tips mudah traveling tanpa harus mengeluarkan banyak uang yang tertuang dalam beberapa penjelasan singkat berikut ini.

1Pilih Perjalanan Darat atau Cari Promo

Umumnya Salah satu hal yang cukup banyak memakan budget dalam perjalanan wisata adalah biaya untuk transportasi. Oleh karenanya, bila kamu bisa menggunakan transportasi darat alangkah baiknya kamu menggunakan transportasi jenis ini. Hal ini dikarenakan biasanya biaya moda transportasi darat (seperti halnya kereta api) memiliki biaya perjalanan paling murah dan terjangkau. Namun tentunya dengan catatan bila kamu tidak akan tertarik untuk membeli hal-hal atau benda-benda lain di dalam perjalanan. Bahkan penggunaan transportasi umum layaknya bus atau kereta terkadang lebih menguntungkan bagi kamu ketimbang harus menggunakan kendaraan pribadi.

Namun sayangnya, bila kamu memilih perjalanan via jalur darat umumnya kamu akan memakan waktu perjalanan yang lebih lama dibandingkan bila kamu menggunakan jalur udara. Sehingga kamu juga harus memiliki tenaga dan stamina ekstra. tentunya ini cukup sebanding dengan pemangkasan biaya transportasi yang bisa mencapai lebih dari 50% jika dibandingkan dengan biaya transportasi melalui jalur udara.

Akan tetapi, bila kamu dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menggunakan transportasi darat kamu tetap bisa menggunakan transportasi udara dengan budget yang minim. Caranya pun mudah. Kamu hanya perlu pesan tiket citilink via Traveloka. Hal ini dikarenakan di Traveloka sering ada promosi dan penawaran menarik yang bisa membantu kamu memperoleh tiket pesawat dengan harga yang cukup terjangkau.

2Pilih Penginapan Murah

Tips traveling tanpa perlu mengeluarkan banyak uang yang berikutnya adalah dengan tidur di tempat penginapan yang nyaman, aman dan pastinya murah. Terlebih bila kamu ingin traveling dalam waktu yang lama. Penginapan murah pastinya dapat menghemat banyak biaya.

Selain itu, bila kamu memiliki teman di daerah yang akan kamu tuju untuk traveling maka kamu bisa menginap di rumah temanmu selama beberapa hari. Bahkan jika beruntung, temanmu bisa mengantarkan kamu keliling kota tersebut. Jika demikian, kamu pun bisa menghemat akomodasi penginapan sekaligus transportasi selama di daerah tempat kamu traveling. Bagaimana tips yang cukup menarik, bukan?

3Berangkat di Malam Hari

Untuk menghemat biaya penginapan yang memakan banyak budget untuk pengeluaran (kedua setelah transportasi) maka kamu juga bisa menyiasati waktu keberangkatan dengan berangkat traveling di malam hari. Hal ini dikarenakan kamu bisa tidur di dalam perjalanan. Sehingga kamu pun akan menghemat biaya penginapan selama satu malam. Selain itu, kamu jadi terhindar dari keinginan-keinginan ngemil atau jajan. Sebab di malam hari biasanya tubuh telah diatur dalam mode untuk istirahat. Jadi kamu bisa memanfaatkan siklus yang secara biologis ini, untuk melakukan penghematan biaya traveling.

4Membawa Barang Secukupnya

Ketika kamu akan melakukan perjalanan traveling sebaiknya kamu hanya membawa barang-barang penting yang sangat kamu butuhkan. Hal ini disebabkan, selain mempermudah kamu dalam membawa barang bawaan dalam perjalanan wisata kamu juga bisa menghemat biaya transportasi. Sebab kamu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bagasi dalam pesawat. Bahkan kamu juga bisa memiliki ruang lebih yang bisa dimanfaatkan untuk tempat oleh-oleh, bila kamu kembali dari traveling.

5Wisata Kuliner Hanya di Malam Hari

Biaya untuk makan biasanya adalah salah satu faktor yang menyebabkan pembengkakan pengeluaran, bila kamu selalu wisata kuliner setiap saat. Oleh karenanya, kamu harus bisa mengatur saatnya untuk hunting atau melakukan wisata kuliner. Misalnya di pagi dan siang hari kamu bisa menghemat biaya makan dengan hanya memakan roti isi ataupun pergi ke warteg yang menawarkan harga makanan murah. Sedangkan bila kamu ingin memakan makanan khas dari daerah yang kamu kunjungi, kamu bisa menjajalnya dengan makan malam.