Tips Memesan Tiket Pesawat Mudik Last Minute

169

Mudik biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu saat akhir bulan Ramadhan. Masyarakat akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga dan merayakan Lebaran bersama.

Chief Officer Communication dan Co-Founder Tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan biasanya masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta punya kebiasaan memesan tiket pesawat mendekati Lebaran.

Menurut yang dilansir kompas.com, kebiasaan tersebut memesan jelang keberangkatan tersebut dikenal dengan sebutan last minute booking.

“Kalau pesawat itu sudah lama dibukanya tapi gak habis. Slotnya banyak. Tendensinya pesan last minute,” kata Gaery saat berbincang dengan wartawan di Jakarta.

Lalu bagaimana tips-tips untuk mrndapatkan tiket pesawat mudik secara last minute booking?

1. Hindari pergi akhir pekan

Pada masa-masa last minute booking menjelang Lebaran, harga tiket pesawat sudah dipastikan akan melonjak. Gaery menyarankan agar menghindari pergi pada akhir pekan.

“Harga pasti lebih mahal kalau weekend. Hari Minggu atau Senin, itu pasti harganya dua kali lipat,” ujar Gaery.

2. Pergi dari Jakarta

Menurut Gaery, bila tinggal di ibu kota, memilih pergi dari Bandara Soekarno-Hatta bisa lebih murah dibandingkan pergi di bandara lain seperti Halim Perdanakusuma atau Husein Sastranegara. Hal itu lantaran banyak penerbangan yang dilayani dari Bandara Soekarno-Hatta.

“Pergi dari Jakarta itu lebih murah karena pesawat lebih banyak. Ada persaingan antar-maskapai jadi lebih murah. Kalau niat banget sih bisa pergi ke Bandung dulu atau pergi ke Halim,” tambahnya.

3. Lupakan waktu pemesanan

Meski sudah last minute booking, masa pemesanan baik pagi atau malam tak berpengaruh. Pasalnya, pemesanan tiket pesawat last minute hanya tergantung pada ketersediaan tiket pesawat.

4. Manfaatkan aplikasi pemesanan

Biasanya, travel agent punya aplikasi pemesanan tiket pesawat. Gaery mengatakan pemesanan tiket pesawat last minute lebih disarankan menggunakan aplikasi.

Baca juga:  Ini Kecantikan Bandara-bandara di Papua Usai Diperbaiki

“Harus aplikasi. Itu punya peluang harga tiket murah yang lebih tinggi. Dari sisi online travel agent lebih prefer pesan lewat aplikasi, kalau lewat desktop itu mesti loading semua. Kalau aplikasi itu cuma data pemesanan saja yang diunduh,” jelasnya.

Selain itu lewat aplikasi, pemesanan tiket pesawat diklaim lebih cepat dibandingkan dengan via desktop. Pasalnya, proses loading data di website dianggap lebih berat dibandingkan aplikasi.

5. Pesan tiket secara terpisah

Bila ingin memesan tiket secara rombongan, lebih baik dibeli secara terpisah. Hal itu bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan tiket dengan harga lebih murah. “Misalnya booking enam tiket, jadi beli tiga-tiga,” kata Gaery Undarsa.

Previous articleDapatkan Diskon Tiket Pesawat Sekaligus Hotel Hingga 40 Persen
Next articleBulan April 1,14 Juta Turis Mancanegara Kunjungi Indonesia