Tips Belanja Bulanan Agar Tidak Over Budget

32
Tips Belanja Bulanan Agar Tidak Over Budget

Belanja bulanan adalah salah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh sebagian orang. Namun, tidak jarang kita mengalami kesulitan dalam mengatur pengeluaran untuk belanja bulanan, sehingga seringkali menghabiskan lebih banyak uang daripada yang seharusnya.

Kabar baiknya, bagi Anda yang tinggal di Surabaya, Anda bisa menggunakan promo Surabaya di Blibli sehingga belanja bulanan lebih hemat. Lalu, bagaimana cara belanja bulanan agar tidak over budget? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

Bagaimana Cara Mengatur Belanja Bulanan?

Apa yang harus Anda persiapkan sebelum belanja bulanan agar tidak over budget? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan!

1. Buat Daftar Belanja Sebelum Berangkat

Hal ini penting untuk menghindari pembelian impulsif yang bisa membuat Anda tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dengan membuat daftar belanja, Anda bisa fokus pada barang-barang yang memang menjadi prioritas dan sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

2. Bandingkan Harga di Berbagai Tempat

Jangan terpaku pada satu tempat belanja saja, karena mungkin ada tempat lain yang menawarkan harga lebih murah atau diskon lebih besar. Anda bisa mencari informasi tentang harga barang-barang yang ingin Anda beli di internet, media sosial, atau aplikasi belanja online.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan promo, kupon, atau cashback yang ditawarkan oleh berbagai platform belanja.

3. Memanfaatkan Barang-barang yang Masih Layak Pakai

Sebelum membeli barang-barang baru, cek dulu apakah Anda masih memiliki barang-barang yang sama atau serupa yang masih layak pakai di rumah. Misalnya, jika Anda ingin membeli bumbu dapur, cek dulu apakah Anda masih memiliki stok bumbu yang cukup di lemari. Jika masih ada, maka Anda bisa menghemat uang dengan tidak membeli bumbu lagi.

Baca juga:  Bulan Januari Merupakan Bulan Terbaik Untuk Beli Tiket Liburan

4. Beli Barang-barang dalam Jumlah Besar atau Grosir

Jika Anda sering membeli barang-barang tertentu yang cepat habis atau banyak digunakan, seperti beras, gula, minyak goreng, sabun, atau deterjen, maka Anda bisa menghemat uang dengan membeli barang-barang tersebut dalam jumlah besar atau grosir.

Biasanya, harga barang-barang dalam jumlah besar atau grosir lebih murah daripada harga satuan. Namun, pastikan bahwa Anda memiliki tempat penyimpanan yang cukup dan aman untuk barang-barang tersebut.

5. Atur Pola Konsumsi Keluarga Anda

Salah satu faktor yang bisa membuat belanja bulanan menjadi over budget adalah pola konsumsi keluarga yang boros atau tidak sehat. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, minuman bersoda, atau camilan manis.

Selain itu, juga bisa disebabkan oleh pemborosan makanan, seperti memasak terlalu banyak atau tidak menghabiskan makanan yang sudah dibeli. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengatur pola konsumsi keluarga Anda dengan cara:

  • Membuat menu makanan seimbang dan bergizi untuk setiap hari.
  • Membatasi frekuensi makan di luar atau memesan makanan online.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.
  • Menggunakan bahan-bahan makanan segar dan lokal.
  • Memasak sesuai dengan porsi dan selera keluarga.
  • Menyimpan sisa makanan dengan baik dan mengonsumsinya kembali.

Belanja Bulanan di Blibli Pakai Promo Surabaya Lebih Hemat

Blibli memberikan promo menarik bagi para pelanggan setianya di Surabaya. Dengan menggunakan kode voucher SURABAYAHEMAT, Anda bisa mendapatkan diskon hingga 50% untuk berbagai produk pilihan. Mulai dari kebutuhan dapur, fashion, elektronik, hingga perlengkapan rumah tangga, semuanya bisa Anda beli dengan harga lebih murah di Blibli.

Blibli juga menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, seperti gratis ongkir, cicilan 0%, dan garansi uang kembali. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan poin Blibli Rewards yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik.

Baca juga:  Ssst! Inilah 12 Hal yang Disimpan Pramugari Dalam Hati

Berikut ini adalah beberapa tips untuk belanja bulanan di Blibli pakai promo Surabaya lebih hemat:

  • Cek kategori produk yang termasuk dalam promo. Promo Surabaya hemat berlaku untuk produk-produk tertentu yang ada di halaman khusus promo. Anda bisa melihat daftar produknya di sini: https://www.blibli.com/promosi/surabaya-hemat
  • Gunakan filter dan sorting untuk mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda bisa memfilter produk berdasarkan harga, merek, rating, dan lainnya. Anda juga bisa mengurutkan produk berdasarkan popularitas, terbaru, atau harga terendah.
  • Bandingkan harga dan kualitas produk antara penjual yang berbeda. Blibli menampilkan informasi lengkap tentang produk, termasuk deskripsi, spesifikasi, ulasan, dan testimoni dari pembeli sebelumnya. Anda bisa membandingkan produk yang sama dari penjual yang berbeda untuk mendapatkan harga terbaik dan kualitas terjamin.
  • Manfaatkan fitur wishlist untuk menyimpan produk yang Anda minati. Jika Anda belum siap untuk membeli produk tersebut, Anda bisa menyimpannya di wishlist terlebih dahulu. Nanti, Anda bisa kembali ke wishlist Anda dan melanjutkan proses pembelian dengan mudah.
  • Pastikan Anda memasukkan kode voucher SURABAYAHEMAT saat checkout. Kode voucher ini akan memberikan diskon tambahan sebesar 10% dengan maksimal potongan Rp 100.000. Kode voucher ini hanya bisa digunakan satu kali per akun dan tidak bisa digabungkan dengan promo lainnya.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa belanja bulanan di Blibli pakai promo Surabaya lebih hemat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Blibli dan nikmati promo menarik ini sebelum kehabisan!

Previous articleCaptured by the talented these stunning shots take us to the pristine shores of…
Next articlePada Rabu (1/11) ini Airbus mengumumkan bahwa maskapai penerbangan nasional Papu…
Tim Airport.id
Kami hadirkan beragam informasi dunia penerbangan dan pariwisata