Tingkatkan Pariwisata, Bandara Matahora Wakatobi Dikembangkan

130
Tingkatkan pariwisata, Menteri Perhubungan minta Bandara Wakatobi akan dikembangkan

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta agar Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara segera diperbaiki. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar khususnya disektor pariwisata.

“Pemagaran (bandara) harus rapih supaya air side-nya rapih. Karena ada maskapai penerbangan yang tidak mau masuk kalau air side-nya buruk. Area bandara juga harus steril semua. Karena ini kan menyangkut safety‎‎,” ujarnya dalam siaran persnya, Senin (14/3).

Peninjauan bandara ini merupakan rangkaian kunjungan kerja menteri di Indonesia bagian timur diantaranya, Pulau Rote (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Tarakan (Kalimantan Utara).

Bandara Matahora Wakatobi merupakan bandara kelas 3 yang terletak di Desa Matahora, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan. Bandara yang tengah dalam tahap pengembangan baik pada sisi darat maupun sisi udara ini dibangun sejak 2007 silam.

Di sisi udara, Bandara Matahora Wakatobi memiliki panjang landasan pacu 2.000M X 30 M, Taxiway 107M X 18 M dan Apron 103M X 73 M. Untuk sisi darat, bandara memiliki Terminal penumpang seluas 1.524 meter persegi berkapasitas ruang tunggu 130 orang penumpang.

Baca juga:  Rembang Usulkan Pembangunan Bandara Perintis ke Kemenhub
Previous articleLion Air Ganti Tujuan Penerbangan ke Malaysia
Next articlePerbaiki Bandara Matahora Wakatobi, Pemerintah Gelontorkan Puluhan Milliar