Singapura, Destinasi Tepat untuk Solo Traveler Pemula

58

Berwisata seorang diri mungkin menakutkan bagi sebagian orang. Bagi sebagian lainnya, ini menjadi tantangan yang menarik untuk dicoba. Beberapa tempat tergolong aman untuk dikunjungi oleh solo traveler pemula, salah satunya Singapura.

Berikut beberapa alasan mengapa Singapura menjadi negara yang tepat bagi solo traveler pemula.

1. Salah satu negara teraman di dunia

Singapura merupakan salah satu negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia. Jangan heran jika melihat warga lokal maupun turis bisa berjalan dengan santai tanpa terlalu memperhatikan barang bawaan mereka. Hal ini menjadikan Singapura sebagai destinasi yang aman bagi solo traveler.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap waspada. Angka statistik yang rendah bukan berarti tidak terjadi tindak kejahatan sama sekali.

2. Sarana transportasi yang baik

Solo traveler tidak perlu takut tersesat atau bingung memikirkan sarana transportasi selama di Singapura. Negara ini memiliki sistem transportasi yang sangat bagus. Mass Rapid Transportation (MRT) menjadi sarana transportasi yang paling banyak digunakan.

Selain karena menjangkau hampir seluruh wilayah di Singapura, MRT juga sangat tepat waktu dan mudah digunakan. Brosur yang memuat rute MRT bisa didapat secara gratis di pusat informasi turis.

KOMPAS.COM/NICKY AULIA WIDADIO Esplanade Park, salah satu spot sepi untuk menikmati landmark Singapura.

Sebelum sampai di Singapura pun, rute, tarif, dan lama perjalanan menggunakan MRT bisa diakses melalui situs resmi MRT. Hal ini memungkinkan solo traveler untuk menyiapkan rute dan estimasi biaya perjalanan sehingga tidak perlu bingung ketika sampai di Singapura. Selain MRT, terdapat pula sarana transportasi lainnya seperti bus kota dan taksi.

3. Bahasa bukan kendala

Jika tidak fasih berbahasa Inggris, bahasa Melayu adalah solusinya, mengingat sebagian dari warga Singapura merupakan etnis Melayu. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya jika bingung terhadap sesuatu.

Baca juga:  Sink into the calming waters of Mata Jitu Waterfall in Moyo Island, West Nusa Te...

4. Tersedia banyak backpacker hostel

Singapura tahu betul bahwa wisatawan yang berkunjung tidak selalu memiliki budget besar. Backpacker hostel merupakan solusi bagi solo traveler sehingga tidak perlu menyewa kamar hotel. Selain lebih murah dibanding hotel, backpacker hostel juga memberi kesempatan bagi solo traveler untuk berkenalan dan mendapat teman sesama wisatawan karena konsep sharing room yang digunakan.


Penulis: Nicky Aulia Widadio
Editor: I Made Asdhiana
Previous articleInilah Fakta dan Mitos Berwisata dengan “Travel Agent”
Next articlePelesir Tak Perlu Banyak Barang, Cukup Bawa Ini Saja!