Siapkan Bisnis Franchise dan Lisensi-mu Menuju Pasar Global di The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with 2nd ILE 2022

20
Siapkan Bisnis Franchise dan Lisensi-mu Menuju Pasar Global di The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with 2nd ILE 2022

Jakarta, 7 Agustus 2022 Pameran The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with the 2nd ILE 2022, yang dilakukan secara offline pada 5-7 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center telah selesai diselenggarakan. Pameran ini sukses meningkatkan antusiasme dan tren positif kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam industri franchise dan lisensi, domestik maupun mancanegara.

“Sebagai bentuk dedikasi selama 20 tahun, kami menghadirkan partner internasional untuk membuka cakrawala dan potensi bisnis franchise dan lisensi domestik ke pasar global di tengah pemulihan ekonomi pasca pandemi. Kami berharap dapat menjadi wadah yang bermanfaat dan solutif untuk praktisi bisnis franchise dan lisensi, khususnya di Indonesia,” terang Raenita Pristiani Aktuariana selaku Project Manager The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with the 2nd ILE 2022.

Dyandra Promosindo bersama dengan Asosiasi Franchise (AFI) dan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), telah menghadirkan rangkaian program pendukung seperti Business Presentation dari peserta pameran unggulan untuk menjelaskan skema bisnis dan proyeksi kerjasama yang akan dijalankan bersama para calon investor. Dihadirkan juga Celebpreneur Talkshow yang menghadirkan entrepreneur dari kalangan selebriti untuk berbagi inspirasi dan pengalaman mereka dalam mengelola bisnis rintisannya. Kemudian, Webinar Series yang memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan potensi bisnis dengan memanfaatkan peluang di era modern.

Penyelenggaraan The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with the 2nd ILE 2022 secara langsung (07/08), ditutup dengan IFRA Awards & Gathering. Kategori penghargaan yang diberikan, antara lain The 6th IFRAPreneurship Business Concept Competition  (IFBCC), yang merupakan kegiatan kompetisi pengembangan strategi ide bisnis untuk kalangan mahasiswa, Exhibitor Best Booth, Exhibitor Best Deal, Exhibitor Best Advertising, dan Exhibitor Best Mascot, yang juga merupakan program terbaru pada pameran ini.

The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with the 2nd ILE 2022, menciptakan suatu harmoni antara masyarakat dengan pelaku bisnis untuk dapat saling berinteraksi dalam bisnis franchise dan lisensi demi pemulihan ekonomi pasca pandemi. “Pameran IFRA ini salah satu pameran franchise yang menarik bagi saya. Di sini saya mendapatkan banyak insight terbaru tentang bisnis franchise dan lisensi serta bagaimana strategi menjalankannya. Saya senang banyak praktisi dan narasumber yang kompeten di bidangnya yang membagikan ilmu serta pengalaman inspiratifnya,” papar Rama, salah satu pengunjung pameran.

Partisipasi Masyarakat dan Partner Internasional di the 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with the 2nd ILE 2022

Dengan mengunjungi The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with the 2nd ILE 2022, pengunjung dapat menikmati serangkaian program dan booth yang memberikan wawasan baru di kegiatan industri franchise dan lisensi saat ini. Mulai dari bisnis food and beverage (F&B) sampai telekomunikasi hadir di pameran ini.

Salah satu program menarik dari pamerin ini adalah Business Presentation. Program ini diisi oleh beberapa exhibitor yang ditujukan untuk mengedukasi, mengajak, dan mempromosikan jenis ragam usaha yang sedang ditekuni. Program ini diisi oleh beberapa exhibitor, di antaranya ada Bakso Alex dan Ralali.com. Dari Business Presentation yang dipaparkan, pengunjung pameran akan diberikan penjelasan mengenai company profile, corporate value, dan strategi bisnis dari suatu perusahaan. Sesi tanya jawab juga diberikan kepada pengunjung untuk mengetahui hal-hal yang belum disampaikan pada saat sesi pemaparan untuk hal-hal yang lebih spesifik sebelum negosiasi lanjutan untuk berinvestasi.

Selain itu, pameran juga menyediakan program Webinar Series yang menyediakan forum sharing session antara narasumber dengan pengunjung dalam mempersiapkan usaha yang akan dijalankan. Pengunjung dapat bertukar informasi dengan narasumber seputar wawasan, tips dan trik dalam mengurus usaha bisnis, franchise, dan lisensi, seperti penemuan peluang usaha, optimalisasi media sosial, penyusunan SOP kerja, dan sebagainya.

Berlangsung juga secara paralel, mitra internasional dari Malaysia, yakni Malaysia Franchise Association (MFA) yang melakukan agenda kunjungan ke outlet keanggotaan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) di Jakarta. Kunjungan dihadiri oleh Dato’ Rohaizi Bin Baharin dan Asmawi Bin Mohd Yusof dari Malaysia dan didampingi oleh Susanty Widjaya dan Andrew Nugroho dari Indonesia. Kunjungan dilakukan ke resto Bakmi Naga dan Es Teler di Mall Kelapa Gading dan Kota Kasablanka. Agenda tersebut bertujuan untuk mempererat ikatan kerjasama dan hubungan antara  franchise Malaysia dengan Indonesia kedepannya.

The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with the 2nd ILE 2022 menyediakan Celebpreneur Talkshow yang memberikan sudut pandang baru kepada pengunjung bagaimana artis-artis ternama mengelola bisnisnya. Pada kesempatan kali ini, Ryan D’Masiv dan Arie Kriting ikut serta membagikan pengalamannya di bidang bisnis F&B kepada pengunjung pameran. Melalui bisnis Ayam Forever, Ryan memiliki visi untuk menawarkan kualitas hidangan ayam yang dapat dinikmati seluruh masyarakat tanpa terkecuali. “Saya ingin semua kalangan itu bisa ngerasain makan ayam goreng enak tanpa harus mahal,” terang Ryan. Sedangkan Arie Kriting bersama Moala-nya berkeinginan untuk membudidayakan keunikan dari food street Indonesia bagian Timur kepada masyarakat Indonesia. “Ini bukan hanya sekadar misi kuliner atau misi bisnis, tapi ini misi kebudayaan. Karena saya ikut bertanggungjawab untuk meramaikan dan menceritakan bagaimana kebudayaan Indonesia bagian timur,” jelas Arie.

Pada agenda IFRA Awards and Gathering, para exhibitor akan diberikan penghargaan berdasarkan kategori-kategori untuk mengapresiasi kontribusi dan partisipasi exhibitor selama di pameran. Di antaranya,  The 6th IFBCC yang dimenangkan oleh Taconesia.id sebagai juara pertama, juara kedua diberikan kepada Zylofood, dan disusul juara ketiga didapatkan oleh Salaut. Di luar kompetisi The 6th IFBCC,  ada Exhibitor Best Booth yang dimenangkan oleh Malaysia Pavilion, Exhibitor Best Deal diberikan kepada Indomaret, Exhibitor Best Advertising diraih oleh Apotek K-24 dan Tahu Go! PT Otewe Maju Bersama menerima penghargaan Exhibitor Best Mascot.

Penyelenggaraan The 20th IFRA Hybrid Business Expo in conjunction with The 2nd ILE 2022 untuk selanjutnya akan dialihkan ke pameran online yang dapat diakses di ifra-virtualexpo.com dari hingga 31 Agustus 2022. Untuk mengetahui informasi terkini seputar IFRA Hybrid Expo silakan follow akun Instagram IFRA @ifra_expo atau kunjungi situsnya www.ifra-indonesia.com.

***

Tentang Dyandra Promosindo

Dyandra Promosindo adalah Professional Exhibition/Event Organizer (PEO) di Indonesia yang merupakan sub-holding company dari PT Dyandra Media International, Tbk (DYAN). Sejak berdiri pada tahun 1994, Dyandra Promosindo berhasil mencetak rekam jejak pameran yang mengesankan di seluruh Indonesia.

Dyandra Promosindo telah menggelar lebih dari 1.100 pameran di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Makassar, Medan dan berbagai kota besar lain di Indonesia.

Hingga saat ini Dyandra Promosindo tercatat membawahi 16 anak perusahaan yang bergerak pada bidang event/exhibition organizer, concert promotor dan juga digital agency.

Dengan lebih dari 1.000 peserta pameran setiap tahun, termasuk peserta dari luar negeri, Dyandra Promosindo telah membuktikan diri sebagai rekan bisnis terpercaya sambil terus meningkatkan diri menuju budaya pameran yang lebih baik di Indonesia. Berbagai event yang telah diselenggarakan antara lain pameran B2B, pameran B2C, konser musik dan festival, konferensi dan summit.

Dyandra Promosindo telah menjadi PEO pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi ISO 9001:2008 untuk sistem kualitas manajemen. Pameran yang diselenggarakan antara lain: Indonesia International Motor Show, Indonesia International Furniture Expo, Indonesian Petroleum Association Convex, International Franchise, License and Business Concept Expo & Conference, dan lain-lain.

Tentang Tentang Asosiasi Franchise Indonesia (AFI)

Dilandasi oleh kesadaran dan tugas serta tanggung jawab bersama, berniat mempersatukan diri dalam satu-satunya wadah organisasi pada tingkat Nasional serta merupakan forum kerjasama demi meningkatkan dan mengembangkan potensi dalam menjadikan dirinya sebagai mitra Pemerintah, maupun sektor swasta lain maka sejumlah Pengusaha Perusahaan Franchise (Franchisor) yaitu PT. Trim’s Mustika Citra, Es Teler 77, Widyaloka, Nilasari dan Homes 21 mewakili Franchisor di Indonesia pada tanggal 22 November 1991 telah bersepakat mendirikan satu-satunya wadah Organisasi Perusahaan Franchise (Franchisor) di Indonesia yang diberi nama Asosiasi Franchise Indonesia (AFI).

Sebelum didirikannya AFI, para pencetus ide ini telah melakukan koordinasi dengan Departemen Perindustrian Dan Perdagangan Republik Indonesia, ILO (International Labour Organization), dan Lembaga Manajemen IPPM. AFI juga didirikan bertujuan untuk mendorong UMKM menjadi usaha unggulan.

Tentang Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI)

ASENSI (Asosiasi Lisensi Indonesia) adalah organisasi independen non-partisan para pemegang lisensi dan para pemegang hak kekayaan intelektual (HKI) di berbagai bidang usaha. ASENSI hadir untuk mengembangkan, menumbuhkan dan melindungi para pemegang lisensi dan hak kekayaan intelektual agar dapat memberikan manfaat kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

ASENSI yakin bahwa ketika para pemegang lisensi dan hak kekayaan intelektual berkumpul, dilindungi dan berada pada asosiasi yang legal dan profesional maka akan mempercepat proses kreativitas anak bangsa. Kreativitas yang luas dan dilindungi akan berdampak signifikan terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Semua kegiatan ASENSI bertujuan untuk berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih baik, maju dan sejahtera.

ASENSI adalah sebuah wadah organisasi pertama di Indonesia yang bertujuan memberdayakan momentum lisensi bagi para anggotanya di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Public Relations, Dyandra Promosindo

Previous articleHari ini pada laman media sosial’nya Lockheed Martin merilis sebuah foto yang me…
Next articleBangkitkan Semangat Pelaku Usaha Franchise dan Lisensi Tanah Air