Sejarah Singkat Penerbangan Di Indonesia

2676
Sejarah Singkat Penerbangan Di Indonesia

Sejarah Singkat Penerbangan Di Indonesia – Penerbangan di Indonesia sangat berperan penting dalam menghubungkan daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh moda transportasi lain. Dengan pesawat terbang kita dapat menuju ke suatu tempat dengan waktu yang relatif singkat.

Kegiatan penerbangan di Indonesia sebenarnya sudah dimulai setahun setelah Wright bersaudara berhasil menemukan pesawat terbang untuk pertama kalinya.

Setelah negara Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, seluruh fasilitas milik pemerintah Belanda di Indonesia mulai diambil alih oleh bangsa Indonesia. Saat itu fasilitas penerbangan dikuasai oleh Tentara Republik Indonesia (TRI) bagian udara.

Pada masa perang kemerdekaan melawan penjajahan Jepang, bangsa Indonesia juga banyak mengambil alih dan memodifikasi beberapa pesawat terbang milik Jepang yang dikenal dengan sebutan pesawat Nishikoren.

Keberhasilan memodifikasi pesawat milik para penjajah bangsa Indonesia itu tidak lepas dari tokoh dirgantara seperti Adi Sutjipto yang membuat pesawat terbang B-25 milik Belanda mampu terbang lebih baik.

Itulah sejarah singkat tentang sejarah penerbangan di Indonesia. Indonesia sebenarnya memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh lagi. Dunia penerbangan juga sudah mencatatkan sejarahnya bagi bangsa Indonesia di dunia penerbangan internasional.