Petugas Bandara Frankfurt Mogok, Puluhan Penerbangan Dibatalkan

360

Frankfurt – Puluhan penerbangan yang bertolak dari Bandara Frankfurt terpaksa dibatalkan akibat mogok kerja yang dilakukan petugas bandara yang menuntut kenaikan upah. Dari 50 penerbangan yang dibatalkan, maskapai Lufthansa yang paling banyak mengalami kerugian karena 40 jadwal penerbangannya tidak jadi terbang.

Petugas bandara yang mogok meliputi petugas yang mengecek penumpang, barang bawaan, keamanan hingga petugas di bagasi. Mereka menuntut upah yang sama dengan tugas di bandara Jerman lainnya.

Bandara terbesar ketiga Eropa tersebut mampu melayani hingga 150.000 penumpang pada weekend.

Juru bicara bandara Frankfurt menyatakan mereka sudah memberitahukan penumpang tentang ketidaknyamanan tersebut namn aksi demo dilakukan secara mendadak.

Seorang petugas yang ikut mogok kerja, Nsimba Gore, menjelaskan mereka mendapat upah 11,7 Euro perjam. “Bandingkan dengan petugas di Stuttgart yang mendapat 14 Euro, padahal kami bandara ketiga terbesar di Eropa,” tukasnya.

Jumlah petugas yang mogok kerja mencapai 90 persen. Untuk mengatasinya sekitar 110 staf diperbantukan untuk mengatasi kekacauan.

Penulis: Andres Fatubun/AF

Sumber:BBC

http://www.beritasatu.com/eropa/167561-petugas-bandara-frankfurt-mogok-puluhan-penerbangan-dibatalkan.html

Baca juga:  Ingin Saksikan Gerhana Matahari, Putri Raja Thailand Kunjungi Ternate
Previous articlePetani Thailand Ancam Blokir Bandara Bangkok
Next articleFynas Targetkan Angkut 100 ribu Penumpang RI