Pesawat Kertas Bisa Diterbangkan dari Smartphone

159

Masih ingat dulu waktu kecil kita bermain dengan pesawat kertas. Banyak cara yang kita lakukan agar pesawat kertas yang kita buat bisa terbang lebih lama dan lebih jauh, seperti membuat sayap yang lebar, menekuk ujungnya, atau meniup-niup ujung pesawat kertas (walau cara terakhir ini diragukan).

Kini di era digital, kita tak perlu lagi melakukan cara-cara di atas, pasalnya kickstarter PowerUp telah membuat modul yang membuat pesawat kertas bisa bertahan terbang hingga 10 menit.

PowerUp 3.0 adalah smart modul yang bisa menjadikan pesawat kertas kita benda terbang yang bisa dikontrol smartphone. Modul yang diciptakan oleh Shai Goitein, seorang antusias penerbangan dan CEO Tailor Toys ini telah memenangi penghargaan Popular Science Best di ajang New York Toy Fair 2013.

Dikutip dari Kickstarter.com. PowerUp 3.0 telah mendapatkan pundi-pundi dana 150 ribu dollar AS, dan kini tersedia di Android 4.3 dan iOS.

Cara kerja PowerUp sangat mudah, kita hanya butuh membuat pesawat kertas, memasang modul di tengah lipatannya, lalu menghubungkannya dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth, dan menerbangkannya.

Modul PowerUp terdiri atas unit utama yang ada di depan, rangka berbahan serat karbon, baling-baling di belakang dengan rudder untuk mengontrol gerakan pesawat.

Modul utama memiliki baterai 1000 mAh yang sekali diisi ulang bisa memberikan daya selama 10 menit. Konektor micro USB bisa digunakan untuk mengsi ulang baterai ini. Selain itu terdapat sensor yang memberikan jangkauan hingga 55 meter.

Untuk antarmuka kendali di smartphone, pengguna diberi kontrol layaknya pesawat latih sungguhan. Terdapat layar utama yang menampilkan HSI (Horizontal Situation Indicator), kompas magnetik, dan indikator thrust (daya dorong).

Baca juga:  Pesawat Unik Ini Didesain untuk Terbang ke Mars

Pengguna mengontrol gerakan dengan memanfaatkan sensor gyro di smartphone. Selain itu terdapat pula indikator baterai, jangkauan, dan status pengisian ulang baterai.

PowerUp 3.0 kompatibel dengan smartphone Android 4.3, dan iOS pada iPad Mini, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, dan iPhone 4S.

Previous articleDaftar Maskapai yang Bolehkan Berponsel di Kabin
Next articlePesawat Nirawak Buatan Indonesia Bisa Tempuh 200 Km