Perhatikan 6 Hal Ini Jika Liburan ke Taman Nasional

0
1
Liburan ke Taman Nasional

Liburan ke Taman Nasional – Jika travelers mengaku pecinta alam, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan taman nasional sebagai destinasi petualangan anda. Beberapa destinasi terkenal seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Halim Salak, atau Bantimurung tidak pernah sepi wisatawan. Meski demikian, karena merupakan tempat konservasi, beberapa hal harus diperhatikan sebelum berkunjung ke sana.

1. Lengkapi berkas perizinan

Ada beberapa taman nasional yang memang sengaja dibuka untuk umum. Cukup dengan membayar tiket masuk, anda bisa langsung menjelajah di dalamnya. Namun, ada jug ataman nasional yang mengharuskan anda membuat surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) dahulu sebelum masuk. Sebab itu, urus surat perizinannya jauh-jauh hari agar ‘petualangan’ anda aman dan nyaman.

2. Jangan buang sampah sembarangan

Buang sampah memang tidak boleh sembarangan, dimanapun anda berada. Apalagi di kawasan konservasi yang akan travelers kunjungi. Sebelum berangkat, siapkan satu kantong plastik khusus untuk membuang sampah. Ini untuk berjaga-jaga seandainya anda sulit menemukan tempat sampah.

3. Dirikan tenda di tempat seharusnya

Agar lebih dekat dengan alam, biasanya travelers pecinta alam akan mendirikan tenda di kawasan taman nasional. Jika demikian, dirikanlah tenda di tempat khusus yang sengaja disediakan untuk mendirikan tenda. Anda tidak mau jika hujan, tiba-tiba tenda anda hanyut terbawa air atau yang lebih buruk tenda anda didatangi hewan liar. Karena itu, utamakan keselamatan anda.

4. Berjalanlah sesuai trek yang ada

Saat hendak menjelajah keindahan taman nasional, pastikan anda telah mengetahui jalur yang harus dilalui. Berjalanlah di trek yang telah disediakan. Jangan sekali-kali mencoba membuka jalur baru jika tidak ingin tersesat dan mendapat masalah.

5. Jika perlu, minta bantuan ranger

Ranger atau polisi hutan sengaja disediakan pengurus taman nasional selain untuk patroli, juga untuk membantu wisatawan yang berkunjung. Selain memberi petunjuk jalan, mereka juga sangat membantu perihal informasi taman nasional. Jika kehadiran ranger ini anda rasa perlu untuk keamanan dan kenyamanan, jangan segan-segan meminta bantuan mereka.

6. Tetap jaga kelestarian alam

Nah, yang satu ini pun sangat penting yaitu menjaga kelestarian alam di kawasan taman nasional. Caranya sangat mudah yaitu tidak mencabut atau memetik rumput dan tanaman yang ada. Jangan pula mengganggu hewan-hewan yang hidup didalamnya. Biarkan semua berjalan seperti apa adanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here