Ada-ada saja barang tak lazim yang dibawa oleh penumpang pesawat. Seperti penumpang pesawat di Australia yang membawa ikan hidup di dalam kantong air.

Menurut pernyataan dari Australia Custom and Border Protection Service (ACBPS), petugas menemukan 20 kantong plastik berisi ikan terancam punah, baik hidup dan mati. Kantong-kantong berisi ikan tersebut tersembunyi di bagasi milik seorang pria ketika tiba di Adelaide.

Menurut Departemen Pertanian Australia ikan diperkirakan bernilai lebih dari 300 ribu AUD. Pria tersebut ditangkap dan penyelidikan multi-lembaga tengah dilakukan di dua alamat, di mana kembali diduga terdapat spesies ikan bernilai 30 ribu US dollar ditemukan.

James Watson selaku komandan ACBPS wilayah setempat mengatakan, perdagangan satwa liar ilegal adalah perdangangan yang mengerikan. Untuk menghentikannya ACBPS perlu berkerjasama dengan lembaga-lembaga lain.

“Penangkapan ini harus mengirimkan pesan yang kuat kepada siapapun yang terlibat dalam penyelundupan satwa liar. Bea Cukai dan Pelindung Perbatasan serius berkerjasama dengan mitra penegak hukum untuk mendapatkan target,” tuturnya.

Sumber