Penting! 3 Tips Pilih Asuransi Kendaraan yang Tepat Untuk Kamu

838
Penting! 3 Tips Pilih Asuransi Kendaraan yang Tepat Untuk Kamu 1

Ingin memiliki asuransi untuk kendaraan kamu, tapi kok pilihannya banyak sekali, ya? Pilih yang mana, bagaimana cara pilihnya, nanti bayar pajak mobil gimana, mana produk asuransi yang sesuai, ini maksud polisnya apa? Wah, jadi pusing!

Tenang-tenang, jangan pusing dulu, guys. Tarik napas, tenangkan pikiran kamu, dan mulai untuk mencari jawabannya satu persatu. Salah satunya mungkin kamu bisa mulai dengan membaca 3 tips penting untuk memilih asuransi kendaraan yang tepat untuk kamu ini. Mulai dari menentukan jenis perlindungan, hingga membaca polis, yuk kita mulai perlahan bersama-sama. Baca dengan santai ketiga tips di bawah ini, ya.

1 Pilih Jenis Perlindungan yang Sesuai dengan Budget dan Kondisi Mobil Kamu

Penting! 3 Tips Pilih Asuransi Kendaraan yang Tepat Untuk Kamu

Dalam asuransi kendaraan, biasanya ada dua jenis dasar asuransi yang bisa kamu pilih sebagai titik mula perjalanan kamu mencari asuransi yang tepat. Yaitu, jenis TLO (Total Loss Only) dan jenis All Risk.

Asuransi jenis TLO adalah tipe asuransi yang akan mengganti kerugian kamu, hanya jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan total, seperti kebanjiran hingga tidak bisa menyala lagi atau kehilangan yang diakibatkan oleh pencurian. Sementara asuransi jenis All Risk adalah tipe asuransi yang lebih komprehensif atau menyeluruh, mencakup banyak hal mulai dari kerusakan ringan seperti baret atau penyok, hingga kehilangan akibat pencurian.

Harga preminya tentu berbeda, TLO dengan risiko tanggungan yang lebih terfokus akan lebih murah jika dibandingkan dengan All Risk yang lebih menyeluruh. TLO biasanya lebih disarankan untuk kendaraan yang lebih tua atau second hand, juga termasuk untuk kamu yang tinggal di daerah rawan pencurian dan banjir. Namun, jika kendaraan kamu lebih baru, sering digunakan, dan kebetulan juga kamu punya budget lebih banyak, tidak ada salahnya untuk memilih tipe All Risk.

2 Pilih Penyedia Jasa Asuransi yang Memiliki Review Baik dan Konsisten

Setelah menentukan tipe asuransi yang paling sesuai untuk situasi kamu dan kondisi kendaraanmu, saatnya menentukan perusahaan asuransi apa yang memiliki produk dan layanan paling sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kamu. Sekarang ini, banyak sekali perusahaan asuransi yang bisa kamu pilih, di antaranya ada Asuransi Mobil Aspan, Asuransi Motor Asuransi Sinarmas Simas Motor, Asuransi Adira Autocillin, dan masih banyak lagi. Masing-masing perusahaan asuransi tersebut memiliki produk unggulan dengan berbagai pilihan polis yang bisa jadi menguntungkan, namun seringkali pula membingungkan.

Jika kamu merasa kebingungan memilih jasa asuransi, kamu bisa mulai dengan menggunakan layanan marketplace asuransi, seperti salah satunya situs resmi Lifepal. Marketplace asuransi ini bisa membantu kamu untuk mencari polis asuransi yang paling sesuai dengan kondisi kendaraan dan situasi keuangan kamu. Tak hanya itu, kamu juga bisa membandingkan produk antara para perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan mereka, lho!

Jika kamu sudah menentukan beberapa perusahaan dengan produk yang menarik perhatianmu, pastikan untuk mencari tahu lebih jauh tentang perusahaan tersebut di internet dan situs situs terpercaya lainnya. Apakah mereka sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)? Apakah mereka biasa menyulitkan klaim pengguna, atau justru mempermudah? Apakah layanannya lengkap dan 24 jam siap membantu kamu? Semua bisa kamu cari lebih dalam di situs-situs yang kredibel atau dari orang-orang terdekatmu yang mungkin juga pernah menggunakan jasa mereka.

3 Perhatikan Polis dengan Seksama dan Jangan Ragu Bertanya Hingga Paham

“Malu bertanya, sesat di jalan,” peribahasa satu ini memang cukup tepat untuk berbagai situasi yang kerap kita alami, guys. Salah satunya adalah ketika kita ingin memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan kita.

Asuransi mungkin terasa cukup rumit karena biasanya terdapat banyak poin penjelasan pada polisnya. Melihat begitu banyak huruf dan angka yang tercetak dalam ukuran kecil, rasanya kepala sudah pusing duluan, dan bisa-bisa malah jadi malas untuk melanjutkan kepemilikan asuransi kendaraan tersebut. Nah, jangan sampai hal itu terjadi, guys!

Meskipun prosesnya cukup memakan energi, tapi asuransi kendaraan tetaplah hal penting yang kita butuhkan. Karena itu, pastikan kamu menggunakan jasa para agen dari pihak perusahaan asuransi yang biasanya memang disediakan untuk membantu kamu. Mereka akan menjawab segala pertanyaan kamu dengan senang hati demi menarik kamu menjadi salah satu klien mereka.

Manfaatkanlah hal tersebut dan jangan pernah merasa malu karena terus bertanya. Percaya dirilah dan tanya semua hal yang belum kamu pahami, hingga ke detail terkecilnya, agar kamu tahu pasti apa saja yang akan kamu dapatkan dari asuransi yang telah kamu pilih. Jika ternyata asuransi tersebut belum sesuai, jelaskanlah secara detail kepada agen tersebut situasi, kondisi, dan semua yang kamu inginkan, agar mereka bisa mencarikan pilihan produk asuransi lain yang lebih sesuai untuk kamu!

Bagaimana, apakah 3 tips di atas dapat bantu menata pikiran dan perencanaan asuransi kendaraan kamu? Semoga benar begitu, agar perjalanan kamu jadi lebih mulus. Nah, jangan takut, yuk mulai melangkah dalam petualangan mencari polis asuransi untuk kendaraan kamu! Semoga sukses, ya!

SOURCEBerbagai Sumber
Previous articleFasilitasi Perkembangan Industri Waralaba dan Lisensi Melalui IFRA Virtual Platform
Next articleIFRA Membuka Luas Peluang Bisnis Waralaba dan Lisensi di Akhir Tahun