PB-FASI AKAN ADAKAN BALI AERO SPORT FESTIVAL 2014

82

Jakarta – Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia atau PB FASI akan mengadakan kegiatan spektakuler bernama Bali Aero Sport Festival (BASF), di Pantai Kuta, Bali, pada tanggal 21-23 Februari 2014 mendatang. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh olah raga udara, mulai dari Paralayang, Paramotor, Terjun Payung, Gantolle, Aeromodeling, hingga Ultra Light.

Kegiatan ini dikategorikan spektakuler karena melibatkan seluruh olah raga udara yang ada di Indonesia, dan didukung oleh Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara (TNI-AU), terutama untuk dukungan pesawat dan helicopter dari TNI – AU, dan Badan SAR Nasional, serta perijinannya. Selain itu, PB-FASI juga mengundang pilot tamu dari Eropa, Thailand, dan Australia guna pertunjukan akrobatik udara menggunakan Paralayang, dan Paramotor, serta Gantolle.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pertama di Indonesia. Belum pernah ada sebelumnya. Kami tidak hanya mengundang atlit dari dalam negeri saja, namun kami juga mengundang atlit dari mancanegara,” ujar Adi Dirhamsyah, Ketua Panitya Pelaksana BASF 2014.

Dalam kegiatan ini, PB-FASI mendatangkan 4 Pilot Paralayang Eropa, 6 Pilot Paramotor Thailand, dan 1 Pilot Gantolle dari Australia. Selain tamu dari mancanegara, PB-FASI juga melibatkan 25 pilot paralayang Indonesia, 40 pilot Paramotor Indonesia, 20 Penerjun Nasional Indonesia, 2 Pilot Ultralight, serta 5 Pilot aeromodeling. Total peserta adalah 100 peserta.

Selain memberikan pertunjukan kepada masyarakat luas, kegiatan ini juga mengandung unsur pengembangan bagi atlit dan juri paralayang Indonesia. Panitya pelaksana bekerjasama dengan PT. Telkomsel juga akan mengadakan program pelatihan bagi atlit serta juri Akrobatik Paralayang Indonesia, yang pengajarannya disampaikan oleh Pilot tamu dari Eropa.

“Kami juga mengadakan pelatihan bagi atlit dan juri paralayang Indonesia, sehingga kegiatan ini tidak hanya memberikan pertunjukan kepada masyarakat umum, namun juga mengembangkan kemampuan atlit paralayang Indonesia”, ujar Adi Dirhamsyah.

Kegiatan ini adalah kegiatan yang pertama dilakukan oleh PB-FASI, dan rencana kegiatan ini akan menjadi agenda tetap setiap tahunnya di lokasi yang sama, yaitu Pulau Dewata Bali, Indonesia.

Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) adalah sebuah organisasi olahraga dirgantara di Indonesia. FASI didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 17 Januari 1972 untuk membina, mengembangkan, mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan olahraga dirgantara segenap warga negara Indonesia di manapun berada, serta segenap olahragawan dirgantara di seluruh wilayah Republik Indonesia apapun kewarganegaraannya.

Previous articleJalan-jalan Sendirian, Siapa Takut?
Next articleBandara Solo Hari Ini Dibuka, Jogja Dibuka Besok