Nikmatnya Naik Kereta Api Ke Malang

122
Kereta Api Ke Malang
Traveler wearing backpack waiting for a train at trainstation and planing for next trip.Vintage tone, Retro filter effect, Soft focus, Low light.(selective focus)

Kereta Api Ke Malang – Kereta api sekarang sudah menjadi primadona mode transportasi. Salah satunya adalah mengunjungi Malang dengan kereta api. Kebanyakan anak perantauan dari Jakarta akan lebih menikmati perjalanan menggunakan kereta api saat pulang kampung ke Malang. Tidak hanya itu saja, wisatawan juga menikmati naik kereta api. Selain tiket kereta mudah, wisata sekitar malang gak perlu mahal.

Buat kamu yang dari Jakarta ada dua pilihan jenis kereta yang bisa kamu gunakan untuk mengunjungi Malang. Apa saja, kereta Malang yang bisa kamu gunakan? Berikut ini pilihannya.

Kereta api eksekutif 

Bisa dikatakan kalau tiket kereta api eksekutif untuk perjalanan dari Jakarta ke Malang bisa dibilang tidak murah. Belum lagi, perjalanan yang memang waktu belasan jam. Tapi tetap saja ada yang menjadi keistimewaan sendiri dengan kereta api eksekutif ini. Untuk kereta ke Malang sendiri ada dua jenis armada yang bisa kamu pilih, yakni Gajayana dan Bima.

Jadwal keberangkatan dan kedatangan ke duanya sama – sama dari stasiun Gambir Jakarta. Perbedaan hanya pada jadwal keberangkatan kereta Gajayana dan Bima sendiri yang hanya memiliki selisih satu jam saja. Untuk biasanya Bima berangkat dari stasiun Gambir pukul 16.30 dan tiba di Malang pada pukul 08.15. Sedangkan untuk Gajayana berangkat pukul 17.40 dari Gambir dan tiba pukul 09.06 di Malang. Tidak hanya itu saja, keduanya juga memiliki waktu tempuh yang berbeda.

Jika kamu menumpang kereta api Bima kurang lebih 15 jam 26 menit. Sedangkan, jika kamu menggunakan Gajayana kurang lebih lebih lama 19 menit dalam perjalanan. Tetapi keduanya merupakan kereta malam sehingga kamu tidak akan terasa dalam perjalanan belasan jam ini. Tidak hanya itu saja, keduanya juga memiliki rute perjalanan yang berbeda. Untuk kamu yang ingin melewati bagian utara untuk ke Malang, tepatnya melalui Stasiun Gubeng, maka Bima pilihannya. Nah, kalau Gajayana akan membawa kamu lewat Blitar dan Kediri, tepatnya rute selatan.

Kereta api ekonomi 

Bisa dikatakan perjalanan kereta api Jakarta ke Malang adalah perjalanan terjauh. Di mana, kamu harus menghabiskan belasan jam dengan jarak kurang lebih 907 km. Untuk kenyamanan dalam perjalanan, mungkin kereta api eksklusif seperti di atas bisa kamu pilih. Namun untuk menghemat budget perjalanan, kereta kelas ekonomi tujuan Malang juga ada. Lagipula, kelas ekonomi sekarang juga sangat nyaman dengan tambahan AC dan tempat duduk yang nyaman.

Ada tiga armada yang disediakan untuk rute Jakarta-Malang dan sebaliknya, yakni Matarmaja, Majapahit dan Jayabaya. Ketiganya juga memiliki harga yang berbeda – beda. Harga paling murang adalah Matarmaja dengan harga 119.000 saja untuk sekali perjalanan. Kemudian disusul oleh Jayabaya dengan harga 270.000 sekali perjalanan. Terakhir adalah Majapahit dengan harga berkisaran 350.000 sekali jalan.

Tidak hanya ada pada perbedaan harga jasa, tetapi jadwal keberangkatan juga berbeda. Jayabaya adalah kereta tujuan Malang dari Jakarta yang berangkat pertama kali. Dimana, kereta ini selalu berangkat pukul 13.00 dari Stasiun Pasar Senen dan tiba di Stasiun Kota Baru Malang pukul 02.43 dini hari. Kemudian disusul oleh Matarmaja yang bertolak dari Pasar Senen pukul 15.15 dan sampai pada pukul 07.30 di Malang. Majapahit adalah kereta keberangkatan terakhir dari Pasar Senen menuju Malang, yakni pukul 18.30 dan tiba pukul 09.55.

Buat kamu yang ingin cepat tiba di Malang, saran terbaik adalah memilih Jayabaya karena waktu tempuh perjalanan yang lumayan lebih cepat, yakni 13 jam saja. Untuk Matarmaja memang terkenal murah, tetapi kamu harus bersabar karena waktu tempuhnya hingga 17 jam lamanya. Ketiganya juga memiliki rute yang berbeda. Untuk Jayabaya dan Majapahit akan melalui rute utara, tepatnya melewati Stasiun Gubeng. Sedangkan, untuk Matarmaja akan melalui rute selatan yang melalui Stasiun Kediri dan Blitar.

Nah, itu dia beberapa pilihan kereta yang bisa kamu gunakan jika ingin berkunjung ke Malang. Kamu tinggal menyesuaikan budget dan jadwal keberangkatan serta kedatangan. Namun ingat, rute Jakarta- Malang adalah rute populer dan selalu banyak peminat. Jadi, selalu lakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari biar tidak kehabisan.