New Caledonia, Syurga Dunia di Samudra Pasifik

867

Pulau dengan sejuta pesona yang kamu bisa kunjungi tidak jauh dari Indonesia yaitu New Caledonia. Keindahan yang di miliki di pulau itu sangatlah sayang jika dilewati, air laut dengan gradasi biru yang indah, pasir putih yang mengelilingi pantai dan juga kemewahan yang dimiliki oleh pulau tersebut dengan berbagai fasilitas yang di berikan dari mulai resort dengan bungalow pribadi di atas laut sampai perahu cantik yang mengantarkan kita menikmati keindahan pulau New Caledonia.

New Caledonia merupakan sebuah wilayah yang berstatus jajahan sui generis Perancis. Wilayah ini terletak di sub-benua Melanesia di Samudra Pasifik sebelah barat daya. Juga dinamai Kanaki yang dari nama penduduk asli kepulauan itu. Negara kepulauan ini telah dikuasai Perancis selain Polinesia Perancis. Status ini dikenakan sampai 1998. Namanya berasal dari bahasa Latin Skotlandia. Ibu kotanya ialah Noumea.

Kepulauan New Caledonia memiliki luas 18,575 kilometer persegi di Samudera Pasifik yang ditemukan oleh penjelajah James Cook pada 4 September 1774 ketika melakukan perjalanan keduanya di kawasan Pasifik. Ia menamakan wilayah ini New Caledonia karena teringat tanah kelahirannya, Skotlandia. Di bawah pemerintahan Napoleon III, Prancis mengambil alih New Caledonia secara resmi pada 24 September 1853 dan membangun Port de France (Noumea) yang sekarang menjadi ibu kota New Caledonia pada 25 Juni 1854.

Tempat itu pada 1864-1897 dijadikan sebagai lokasi pembuangan tidak kurang dari 22.000 narapidana namun setelah Gubernur Prancis di NC, Paul Feillet memberi penghapusan hukuman dan kembali ke kampung halaman mereka, maka imigran dari Asia datang bekerja di pertambangan dan perkebunan di New Caledonia. Bermula dari aturan “Koeli Ordonantie” pada 1880 yang mengatur hubungan kerja antara buruh dan majikan untuk menjamin ketersediaan tenaga kerja di perkebunan Belanda di Sumatra, Prancis kemudian meminta buruh untuk pertambangan nikel dan perkebunan di New Caledonia, maka dikirimlah 170 pekerja dari Pulau Jawa dan tiba di NC pada 16 Februari 1896.

Baca juga:  Gunung Berapi Bisa Dilihat dari Dalam?

Daerah ini dihuni oleh sebagian suku Jawa. Dahulu orang Jawa di New Caledonia menjadi kuli kontrak atau mencari kehidupan lebih baik di negeri asing. Perpindahan orang Jawa di New Caledonia juga sama dengan orang Jawa Suriname, namun kepindahan orang Jawa di Pasifik telah terhenti sejak 1949. Jumlah penduduk New Caledonia Baru tercatat tanggal 1 September 2006, yaitu: 237.765 jiwa. Orang Jawa di New Caledonia tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari, namun kini anak-anak mudanya sudah tak bisa berbahasa Jawa, hanya bisa berbahasa Perancis saja.

Berikut tempat-tempat cantik yang wajib kamu kunjungi di Pulau Caledonia ini :

  • saint joseph bay

Gambar

  • Oro Bay

Gambar

  • Kuto n Kanumera Bays

Gambar

  • N’Ga Peak

Gambar

  • Upi Bay

Gambar

 

Gimana? Pasti langsung tertarik kan untuk berkunjung kesini? Kalau begitu, langsung saja masukan Pulau New Caledonia ke dalam daftar list liburan kamu!

 

Sumber

Previous articleUnik! Hotel Ini Tampak Seperti Gunung Berapi
Next articleRasakan Sensasi Berbeda Menginap di 5 Hotel Terunik di Indonesia