Wisata bahari menjadi salah satu keunggulan Provinsi Maluku. Tercatat ada 36 titik wisata bahari yang terdapat di seluruh pulau Maluku. Keindahan pantai dan laut seakan menjadi sebuah ciri khas Ambon tak terkecuali, Pantai Hukurila dan kehidupan bawah lautnya.

Pantai yang terletak di Selatan Maluku itu memang masih jarang dikunjungi wistawan lokal maupun mancanegara. Padahal letaknya tak jauh dari pusat Kota Ambon sekira 15 km. Salah satu yang paling terkenal dari Desa Hukurila adalah guanya. Di desa tersebut memang terdapat beberapa gua yang berada didalam lautan.

Bahkan jika anda menggunakan perahu nelayan dari arah Pantai Natsepa, kamu bisa melihat beberapa gua diantara tebing-tebing tinggi yang menjulang. Desa hukurila juga memiliki tempat wisata lain, seperti Pantai Tihulessy dan Pantai Waelaring. Pantai Tihulessy berada tak jauh dengan pemukiman penduduk, sedangkan Pantai Waelaring berada sekitar satu kilometer dari pusat desa.

Biota Laut di Hukurila

Dunia bawah laut Hukurila memang terbilang cukup kaya terlihat dari berbagai jenis terumbu karang yang hidup dibawahnya. Salah satu yang paling banyak ditemui adalah terumpu karang jenis Acropora. Jenis terumbu karang ini banyak hidup dikedalaman tiga hingga 15 meter.

Ikan Lions Fish juga menjadi daya tarik dari panorama laut Hukurila. Tak ketinggalan spesies ikan badut atau yang lebih dikenal ikan Nemo juga banyak terlihat bermain di sela-sela soft coral.

Di salah satu spot dive terbentang pintu gua yang “megah” dibawah laut. Tepatnya dikedalaman sekitar 10-15 meter anda akan dibuat takjub dengan hamparan soft coral yang indah dan kumpulan schooling fish –gerombolan ikan yang berenang kearah yang sama- menambah keindahan gua Hukurila.

Waktu yang tepat Menyelam di Hukurila Cave
Menurut salah satu penuturan operator dive center di Hukurila, waktu yang paling tepat menikmati keindahan bawah laut adalah di bulan November hingga Desember. Pasalnya dibulan tersebut arus laut tergolong sangat tenang sehingga anda dapat menikmati keindahan bawah laut Hukurila dengan tenang.

Cara Menuju Desa Hukurila
Ada dua jalur darat yang dapat dilalui untuk mencapai desa Hukurila. Jalur pertama yaitu melalui Batu Meja jaraknya sekitar 12 km dan melewati daerah pegunungan yang sejuk. Sedangkan jalur lain melalui Batu Gong, Passo, dengan jarak sekitar 18 km. Dari pusat kota Ambon, tersedia angkutan kota dengan jurusan Hukurila.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi pun terbilang murah sekira Rp5000-Rp10.000. Atau kalian bisa menyewa mobil pribadi dengan biaya sekira Rp600.000 per harinya.

Bagi yang menginap di The Natsepa Resort Ambon dapat menggunakan jalur laut dengan kapal speedboat. Waktu yang ditempuh dengan speedboat sekitar 30 menit.

 

 

Supported by: Blibur.com