Mendaki Gunung Rinjani Lombok, Ini Tips nya

316

Buat kalian yang suka banget naik gunung pasti udah gak asing lagi dengan keindahan Gunung Rinjani Lombok. Keindahan yang diberikan oleh Gunung Rinjani sangatlah sayang jika kamu lewatkan, maka tidak heran bila wilayah ini merupakan salah satu tujuan favorite para pendaki.

Gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Selama mendaki Gunung Rinjani, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah, salah satunya Danau Segara Anak.

Jika ingin mendaki Gunung Rinjani, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan para pendaki. Berikut tips persiapan dan saat mendaki Gunung Rinjani.

-Mendaki Gunung Rinjani sebaiknya didampingi oleh guide lokal yang biasanya juga bertindak sebagai porter dan koki memasak.

-Mengingat Gunung Rinjani dan Gunung Baru Jari adalah tipe gunung merapi aktif, berhati-hatilah memilih waktu pendakian dan melakukan aktivitas pendakian itu sendiri. Kabarnya, Gunung Baru Jari terkadang masih menyemburkan percikan api, uap, dan gas beserta gemuruh saat malam hari.

-Hendaknya tidak mendaki Rinjani saat musim hujan karena dapat dipastikan jalur pendakian akan menjadi licin, dan tentunya lebih sulut untuk didaki.

-Untuk bermalam di tepian Danau Segara, sebaiknya membawa sleeping bag atau menyewanya di Desa Senaru atau Desa Sembalun. Baju hangat atau jaket dan syal juga jangan lupa dibawa untuk menangkal hawa dingin pegunungan. Selain itu, tenda, peralatan masak dan memancing hendaknya masuk dalam daftar barang bawaan apabila ingin bermalam di sekitar danau.

-Tempat pemandian air panas di sekitar danau memiliki suhu yang berbeda-beda. Tetapi, jangan khawatir, karena ada petunjuk mengenai suhu tiap tempat, sehingga dapat memilih yang paling sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga:  Peluncurkan Aplikasi "Smartwatch" Android oleh Maskapai KLM

-Jagalah kebersihan di Taman Nasional Gunung Rinjani, meskipun setiap satu atau dua minggu sekali akan ada petugas yang membersihkan sampah di lokasi ini. Setidaknya, dengan kita tidak membuang sampah sembarangan, maka akan turut serta menjaga kekayaan dan keindahan alam di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

 

Sumber

Previous articleBerikut 5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Liburan
Next articleDitinggal di Bandara AS, Mobil Sport Viper Penuh Coretan