Maskapai Sudah Banyak Yang Ingin Mendarat di BIBU

35

BIBU adalah Bandara Internasional Bali Utara, pembangunannya memang belum dimulai. Bahkan izin penetapan lokasi juga belum didapat dari pemerintah pusat.

Dengan adanya rencana pembangunan BIBU, banyak maskapai yang sudah tidak sabar untuk mendarat di bandara ini. Hal ini juga di benarkan oleh Panji Sakti I Made Mangku selaku President Director PT Bandara Internasional Bali Utara, “hingga saat ini, sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang tertarik dan bahkan sudah memberikan surat untuk ikut bergabung jika Bandara Bali Utara sudah terbangun sempurna”.

Bandara Bali utara yang baru nantinya akan mendorong percepatan dan pemerataan pembangunan di Bali utara, serta memperluas akses penerbangan. Lokasi yang dipilih yaitu kawasan pantai Kutambahan, dengan rencana pembangunan bandara seluas 1.060 hektar, dengan panjang landasan 4.100 meter danfasilitas tambahan yaitu 30 gedung serta terminal seluas 230.000 meter.

Rencanannya pembangunan bandara Bali Utara yang menunggu penetapan lokasi dari Kementerian Perhubungan ini akan didanai oleh perusahaan asing asal Kanada yaitu KINESIS Capital and Investment yang juga menjadi airport konsultan. Perushaan ini bakal menginvestasikan dana US$ 2 miliar atau sekitar Rp 27 triliun pada perusahaan lokal PT BIBU Panji Sakti.