Maskapai Saudi Melarang Penumpang Berpenampilan Seronok

245

Pemerintah Saudi boleh dibilang termasuk pemerintahan yang banyak memberlakukan larangan kepada warga negaranya. Sebagian ada yang bersumber dari syariat Islam, dan sebagian lagi dari ijtihad ulama dan pejabat yang memerintah.

Atas larangan-larangan tersebut, ada pihak yang mendukung, juga ada yang melakukan protes dan menggugat atas aturan ketat tersebut. Larangan di Arab Saudi memang sangat betentangan dengan negara lain yang masih menerapkan hak dan kebebasan, aturan penerapan hukum syariat islam di negara tersebut  bukan hanya berlaku bagi traveler namun juga larangan-larangan diberlakukan untuk masyarakat umum yang tinggal di Arab Saudi.

Ketika Anda berkunjung ke negara Saudi Arabia dengan Saudia Airlines wanita dan pria harus menaati peraturan larangan memakai pakaian yang berlengan pendek bahkan terlalu kurus atau terlalu ketat. Begitu pula dengan larangan pria yang menaiki maskapai tersebut dengan celana pendek.

Maskapai itu menegaskan, jika calon penumpang menolak mematuhi mereka akan ditolak naik atau diminta untuk meninggalkan pesawat. Saudia melayani penerbangan dari Arab Saudi  ke Eropa, Timur Tengah, Asia dan Amerika Utara, meminta para penumpangnya untuk tidak mengenakan apapun yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan atau pelanggaran pada penumpang lain.

Menurut StepFeed, kode berpakaian juga berlaku untuk seluruh penumpang yang menaiki penerbangan Saudia dari luar wilayah mereka. Sejumlah turis perempuan mengatakan kepada surat kabar Makkah, yang dikutip laman Emirates Woman, bahwa mereka terpaksa membeli pakaian baru di bandara internasional sebelum naik pesawat kembali ke Saudi.

Semua perempuan yang berada di wilayah kerajaan harus mengenakan abaya longgar di depan umum, dengan banyak wanita Muslim juga mengenakan jilbab atau niqab. Orang asing dan wanita non-muslim yang datang berkunjung, bagaimanapun, tidak diharuskan oleh hukum untuk mengenakan jilbab itu yang diterapkan hukum Saudi.

Baca juga:  Candaan Soal Bom Kembali Terulang Di Penerbangan Garuda

Maskapai ini mengatakan bahwa anak-anak perempuan yang naik pesawat tanpa mematuhi kode berpakaian maskapai akan diturunkan. Karena mereka adalah penumpang yang menikmati diskon besar dari perusahaan sehingga wajib mematuhi kode berpakaian yang ditetapkan perusahaan.

Ini mungkin sudah waktunya bagi setiap penumpang untuk memperhatikan aturan main berpakaian sebelum memastikan pesawat yang akan mereka naiki. Salah berpakaian, Anda berpotensi gagal terbang.

Previous articleDulu Peninggalan Perang Dunia II Sekarang Jadi Bandara Luar Biasa
Next articleEnam Bandara di Timur Indonesia Akan Diambil Alih AP I